Breaking News:

Berita Pasuruan

Mobil Dinas yang Dibawa Kabur Imigran asal Palestina Ditemukan di Masjid, Santai Tinggalkan Parkiran

Mobil dinas Kepala Kantor Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci yang diambil Moin D Habib untuk pelariannya akhirnya ditemukan, Minggu (2/

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Detik- detik mobdin yang dicuri deteni asal Palestina memasuki area parkiran Masjid Hidayatullah. 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN- Mobil dinas Kepala Kantor Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya di Raci yang diambil Moin D Habib untuk pelariannya akhirnya ditemukan, Minggu (2/1/2022).

Mobil plat merah bernopol N 1030 SP ini ditemukan terparkir di halaman Masjid Hidayatullah, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Mobil ini terparkir rapi dengan mobil lainnya.

Mobil Chevrolet Orlando warna hitam ini ditemukan dalam kondisi yang rusak parah di bagian depan. Sebelumnya, mobil ini ditabrakkan pagar Kantor Rudenim oleh deteni asal Palestina untuk melarikan diri.

"Benar, mobil dinas yang digunakan imigran ssal Palestina untuk melarkkan diri ditemukan jajaran intel di masjid Hidayatullah Karangketug," kata Kanit Reskrim Polsek Gadingrejo, Polres Pasuruan Kota, Iptu Koko Rakhmadi. 

Baca juga: Deteni Asal Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya Menaiki Mobil Dinas, Tabrak Pagar hingga Jebol

Ia mengaku masih mendalaminya. Namun dalam rekaman CCTV masjid, mobil yang dicuri deteni itu diperkiraan diparkir sekitar pukul 14.00 WIB. "Nanti akan kami kembangkan," paparnya.

Sementara itu, dalam CCTV masjid, Moin D Habib terlihat santai saat meninggalkan mobil yang dicurinya dari Kantor Rudenim tersebut. Ia berjalan tanpa beban mengenakan peci, kaus hitam dan celana panjang putih.

Ia tidak menjadi pusat perhatian masyarakat sekalipun membawa mobil rusak. Langkah Habib sangat tenang saat meninggalkan mobil curian dan meninggalkan parkiran masjid.

Habib berjalan meninggalkan masjid tanpa beban. Ia sama sekali tidak terlihat gugup sekalipun baru saja melukai petugas Rudenim, mencuri mobil dinas dan merusak kantor Rudenim Surabaya.

Baca juga: Diwarnai Kejar-kejaran bak di Film, Deteni Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya dengan Gondol Mobil

Menurut Koko, pihaknya terus mengejar pelarian Habib. Menurutnya, kepolisian akan memanfaatkan betul rekaman kamera CCTV yang terpasang di area Masjid Hidayatullah ini.

"Kami, bersama Satreskrim Polres Pasuruan Kota dan Polres Pasuruan masih mencari keberadaan Habib. Kami masih melakukan pengejaran," tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Moin D Habib, seorang imigran asal Palestina melarikan diri dari Rudenim Surabaya di Raci Bangil, Minggu (2/1/2022) siang.

Aksi nekat imigran ini terekam kamera CCTV. Dia kabur membawa mobil dinas Kepala Rudenim Surabaya, Chevrolet Orlando Nopol N 1030 SP.

Aksi pelarian ini bak film India. Habib melukai petugas dan melakukan pencurian mobil dinas, dan merusak pagar pembatas.

Takmir Masjid Hidayatullah, Muhdi menyadari ada mobil plat merah yang rusak dan berada area masjid itu saat maghrib tadi. "Sempat menjadi tontonan warga juga," katanya singkat.

Ia mengaku mendapatkan informasi jika ada pelarian imigran itu setelah melihat handphone. Ia menyadari jika mobil yang dicuri itu ada di parkiran masjid. "Saya langsung bergegas menghubungi polisi," pungkas dia.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved