Berita Lumajang

Nasib Ratusan Warga seusai Dam di Lumajang Terputus Diterjang Lahar

Derasnya aliran lahar yang mengalir di Sungai Regoyo membuat dam di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro terputus. Padahal

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Tony Hermawan
Penanganan darurat dam di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro terputus. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG -Derasnya aliran lahar yang mengalir di Sungai Regoyo membuat dam di Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro terputus. 

Padahal dam tersebut menjadi jalan penghubung dusun. Akibatnya, ratusan warga di Dusun Sumberlangsep terisolir.

Dam sepanjang 200 meter itu terputus setelah diterjang banjir lahar pada beberapa hari lalu. Ketika itu debit air mengalami over skala, mencapai 40 amak. Hingga membuat kontur bangunan dam tidak mampu menahan  aliran lahar yang membawa pasir batu kerikil dari Gunung Semeru.

Samsul salah seorang warga mengatakan, dam yang putus tersebut merupakan akses satu-satunya bagi warga. Setidaknya ada sekitar 127 keluarga kini dalam kondisi terisolir. Beberapa warga yang nekat, terpaksa menyebrangi sungai dengan jalan kaki. 

Baca juga: Copet Nekat Beraksi di Pantai Kenjeran, Saat Tertangkap Mengaku untuk Makan: Saya Tidak Kerja

"Bisa lewat kalau air surut, tapi kalau banjir lagi sudah gak bisa melintas. Itu pun kalau lewat gak bisa pakai motor," kata Samsul.

Nur Afandi, Koordinator Lapangan Balai Besar  Wilayah Sungai Brantas mengatakan, petugas saat ini tengah melakukan penanganan darurat untuk menangani dam yang rusak.

"Untuk dam penanganan daruratnya pasir diratakan dengan alat berat. Supaya warga bisa kembali melewati jalur ini," katanya.

Ia menargetkan perbaikan darurat dam ini bisa selesai dalam waktu satu hari. Selain itu, mengingat masih berpotensi terjadi banjir lahar susulan pihaknya juga bakal mengusulkan pembangunan permanen pada pihak Kementerian PUPR. 

"Akibat kerusakan ini setidaknya dibutuhkan anggaran lebih dari Rp10 Milyar," pungkasnya.

Kumpulan berita Lumajang terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved