Breaking News:

Berita Kota Malang

Waspadai Penyebaran Omicron, Polresta Malang Kota Lakukan Sejumlah Upaya Antisipasi

Saat ini, Covid-19 varian Omicron sering diperbincangkan masyarakat. Bahkan di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, dua orang warganya telah terkonfirmas

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, di tahun 2022, pihaknya akan fokus mewujudkan pelayanan dan inovasi terbaik untuk masyarakat, Senin (3/1/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Saat ini, Covid-19 varian Omicron sering diperbincangkan masyarakat. Bahkan di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, dua orang warganya telah terkonfirmasi positif Omicron.

Meski belum terdeteksi di wilayah Kota Malang, Polresta Malang Kota telah melakukan sejumlah upaya antisipasi agar virus tersebut tidak sampai masuk ke wilayah Malang.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, salah satu upaya antisipasi yang dilakukan adalah berkomunikasi dengan para direktur rumah sakit untuk mengetahui Bed Occupancy Rate (BOR).

"Kami juga berkoordinasi terkait ketersediaan bed dan nakes, lalu bagaimana membatasi mobilitas masyarakat, di mana saat malam pergantian tahun baru kita lakukan pembatasan, lakukan swab antigen acak, mengaktifkan aplikasi peduli lindungi. Itu sebagai langkah antisipasi," ujarnya kepada TribunJatim.com, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Antisipasi Meluasnya Varian Omicron, DPRD Jatim Minta Lakukan Skema Penanganan Secara Komprehensif

Dirinya menjelaskan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) Malang Raya akan duduk bersama untuk melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

"Kita akan duduk bersama membahs ketersediaan RS, menyiapkan isoter, dan mengejar vaksinasi. Kita juga memberikan edukasi ke masyarakat, jangan sampai lebih percaya isolasi mandiri (isoman) daripada harus berobat ke RS ketika terpapar Covid," terangnya.

Dirinya menambahkan, upaya antisipasi dilakukan karena rumah sakit di Kota Malang tidak hanya menangani pasien dari Malang saja. Namun, juga dari sejumlah daerah di sekitar Malang Raya.

"Sejauh ini, varian Omicron belum termonitor. Karena untuk mendeteksinya bukan hanya swab, tetapi ada treatment lain yang menentukan," pungkasnya.

Baca juga: Mal Pelayanan Publik di Kota Malang Mulai Beroperasi, Tenant Dispendukcapil Paling Ramai Dikunjungi

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved