Berita Kota Batu

Urai Kemacetan, Jalan Tembus Paralayang dan Desa Sumberejo Kota Batu Dibuka untuk Umum

Urai kemacetan yang sering terjadi di kawasan Songgoriti, Pemkot Batu telah membuka jalan tembus yang melewati landasan paralayang, untuk umum.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, jalan tembus ke Paralayang telah dibuka untuk umum, Rabu (5/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di kawasan Songgoriti, Pemkot Batu telah membuka jalan tembus yang melewati landasan paralayang, untuk umum.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat menerangkan, jalur tersebut menghubungkan daerah pendaratan paralayang dengan Desa Sumberejo.

Dengan adanya jalur ini, diharapkan titik kemacetan yang sering terjadi, terutama saat akhir pekan, dapat terurai.

Alfi Nurhidayat menegaskan, jalan tembus ini dibuka sesuai instruksi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

“Jalan sudah bisa dilalui warga dan wisatawan. Jalan tembus ini akan memiliki banyak fungsi ke depannya,” ujar Alfi Nurhidayat, Rabu (5/1/2022).

Baca juga: Jadi Jalur Utama Menuju Pintu Tol Malang, Status Jalan Mayjen Sungkono Diusulkan Jadi Kelas 1

Selain untuk mengurai kemacetan, akses jalan tembus ini juga untuk mendukung produktivitas masyarakat di pedesaan. Terutama untuk produk pertanian warga Songgoriti maupun Sumberejo.

Jalan tembus ini diproyeksikan menjadi akses menuju tempat paralayang. Masyarakat yang ingin menuju paralayang bisa memiliki dua alternatif jalur, pertama melalui Songgokerto, dan kedua melalui Sumberejo.

Setelah ini, DPUPR juga akan membuka jalan tembusan lainnya. Di antaranya di Kelurahan Ngaglik dan Desa Pesanggrahan. Jalur tembus ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, karena mobilitas barang dan orang bisa lancar.

“Dengan begitu, ada banyak jalur alternatif bagi warga atau masyarakat untuk menuju beberapa tempat tersebut,” papar Ketua Cabang Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kota Batu ini.

Pembangunan jalan tembus di Songgokerto-Sumberejo ini memiliki panjang 2 Km. Proyek ini dikerjakan oleh CV Eka Karya Putra dengan anggaran sebesar Rp 1.2 miliar dari pagu Rp 1.8 miliar.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved