Berita Terpopuler

BERITA TERPOPULER JATIM: Pantau Ancaman Banjir Lahar di Semeru - Pemberangkatan Umrah Kembali Dibuka

Tiga berita terpopuler Jatim hari ini, Selasa (11/1/2022). Pantau ancaman banjir lahar di Semeru hingga pemberangkatan umrah kembali dibuka.

Tribun Jatim Network/Tony Hermawan
Seorang relawan saat memasang kamera pengawas di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Minggu (9/1/2022). 

TRIBUNJATIM.COM - Beragam berita menarik yang terjadi di wilayah Jawa Timur terangkum dalam berita terpopuler Jatim hari ini, Selasa (11/1/2022).

Pada berita terpopuler Jatim hari ini dibuka dengan jutaan kubik endapan material pasir yang memenuhi sungai aliran lahar Gunung Semeru menimbulkan bahaya sekunder berupa banjir lahar, ketika kawasan lereng diguyur hujan lebat.

Oleh karena itu, perlu dilakukan monitoring intens terkait kondisi gunung untuk mengurangi risiko fatal.

Selanjutnya, Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu bagi jemaah umrah asal Indonesia untuk bisa ke Baitullah. 

Kementerian Agama (Kemenag) RI juga memastikan ibadah umrah untuk jemaah asal Indonesia dibuka kembali pada Sabtu (8/1/2022).

Ingin tahu berita selengkapnya, berikut ini berita terpopuler Jatim hari ini, Selasa (11/1/2022) yang dirangkum TribunJatim.com untuk Anda:

1. Pantau Ancaman Banjir Lahar, Empat Kamera Pengawas Dipasang di Kawasan Lereng Gunung Semeru

Seorang relawan saat memasang kamera pengawas di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Minggu (9/1/2022).
Seorang relawan saat memasang kamera pengawas di Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Minggu (9/1/2022). (Tribun Jatim Network/Tony Hermawan)

Jutaan kubik endapan material pasir yang memenuhi sungai aliran lahar Gunung Semeru menimbulkan bahaya sekunder berupa banjir lahar, ketika kawasan lereng diguyur hujan lebat.

Oleh karena itu, perlu dilakukan monitoring intens terkait kondisi gunung untuk mengurangi risiko fatal.

Untuk menunjang kemampuan dalam pendeteksian ancaman banjir lahar, kini relawan dari beberapa unsur mulai memasang  empat kamera pengawas di wilayah lereng.

Baca juga: Pria Tendang Sesajen di Semeru Resahkan Banyak Orang, Polda Jatim Telah Periksa Sejumlah Saksi

Baca juga: Satu Jenazah Kembali Ditemukan di Lereng Semeru, Bermula dari Aroma yang Dicium Warga

Satu unit kamera sedang proses pemasangan di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Sedangkan 3 unit lain dipasang di bibir Sungai Curah Kobokan dan Kajar Kuning, Lumajang.

Kamera pengawas ini diharapkan bisa mendukung early warning system (EWS) yang dimiliki pos pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur.

Wisnu, salah seorang relawan SAR Surabaya mengatakan, semua unit kamera dapat berputar moving 360 derajat. Semua kamera bisa memantau sampai sejauh 5 kilometer.

Baca Selengkapnya

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved