Breaking News:

Berita Tulungagung

Dikira Logam, Kaligrafi Warga Tulungagung Ini Ternyata Pakai Prada Foil, Laris hingga Luar Negeri

Dengan cekatan Andik Priyo Budi Utomo (35) menggerakkan lem bakar di tangannya di atas kain beludru. Tangannya membentuk lukisan kaligrafi mengikuti p

Penulis: David Yohanes | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/DAVID YOHANES
Andik Priyo Budi Utomo (35) memamerkan kaligrafi kecil yang baru selesai dikerjakan. 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Dengan cekatan Andik Priyo Budi Utomo (35) menggerakkan lem bakar di tangannya di atas kain beludru. Tangannya membentuk lukisan kaligrafi mengikuti pola yang sudah dibentuk lebih dulu.

Ia lalu merapikan lelehan lem tembak itu dengan alat pemanas, hingga sangat halus. Setelah kering sempurna, Andik lalu menggosok tulisan kaligrafi itu dengan kertas prada foil warna emas.

Dalam sekejap tulisan itu menyala indah berwarna emas, mirip logam yang baru digosok hingga mengkilap.

"Kalau orang bilang mirip dengan produk kuningan. Padahal ini sama sekali tidak menggunakan logam," ucap Andik, saat ditemui di rumahnya di Desa  di Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung.

Andik berkisah, sebelumnya dirinya membuat kerajinan dari kaca grafir. Namun selama setahun menekuni usaha ini, produknya kalah produk serupa yang menggunakan laser. Ayah satu anak ini lalu mulai melirik seni kaligrafi dengan prada foil.

Baca juga: Cerita Warga Ngantru Tulungagung Jual Ular Piton Seharga Rp 100 Juta ke Orang Malaysia

"Saat itu awalnya lihat tekniknya di Youtube. Lalu mulai belajar pada orang lain yang sudah bisa lebih dulu," ujar Andik.

Andik lalu bertemu dengan temannya, seorang lulusan pondok pesantren yang pandai membuat kaligrafi.

Teman asal Kediri ini pula yang mengajarinya untuk membuat kaligrafi. Kepadanya Andik juga belajar membuat pola dan mengaplikasikan prada foil.

"Jadi saya belajar kaligrafi sepenuhnya dari teman saya itu, apalagi dia kan lulusan pondok. Sementara saya bukan," ucapnya.

Tahun 2019 lalu Andik sepenuhnya menggeluti seni kaligrafi prada foil ini. Pelan namun pasti produknya semakin dikenal. Sebab karyanya sekilas mirip produk logam namun harganya jauh lebih murah.

Baca juga: Berhenti Jadi Guru, Pria Ponorogo Raup Omzet Puluhan Juta Berkat Olah Limbah Kayu Jadi Busur Panah

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved