Breaking News:

Berita Sidoarjo

Dilelang ke Pihak Swasta, 3 Perusahaan Ini Berebut Kelola Parkir di Sidoarjo

Pengelolaan parkir di Sidoarjo tak kunjung jelas hingga sekarang. Sejak sistem parkir berlangganan dihentikan, sampai sekarang belum ada sistem baru y

Penulis: M Taufik | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/M TAUFIK
Suasana hearing tentang parkir yang digelar di gedung DPRD Sidoarjo 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Pengelolaan parkir di Sidoarjo tak kunjung jelas hingga sekarang. Sejak sistem parkir berlangganan dihentikan, sampai sekarang belum ada sistem baru yang diberlakukan.

Sempat ada rencana memakai sistem parkir elektronik. Sudah melalui sejumlah kajian dan sebagainya, tapi tidak jelas jlintrungannya. 

Belakangan Pemkab Sidoarjo memutuskan untuk melelang pengelolaan parkir ke pihak swasta. Tapi prosesnya juga sampai sekarang tidak kunjung tuntas.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo Benny Airlangga, sekarang ini sudah ada tiga perusahaan yang dipastikan ikut lelang, berebut pengelolaan parkir Sidoarjo

PT Prasetia Dwidharma (Inkopol)-KSO, PT Indonesia Sarana Service-KSO dan PT Piramida Teknologi Informasi.

Beberapa hari ini, Rencananya, Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) yang dipimpin Sekda Sidoarjo akan menggelar technical meeting untuk pelaksanaan lelang terbuka.

Baca juga: Sebut Data Penerima Bantuan Amburadul, Dewan Usul Pembentukan UPT Kemiskinan di Sidoarjo

“Untuk mengikuti lelang tersebut, masing-masing perusahaan wajib menyetorkan uang jaminan 3 persen dari nilai pagu proyek. Setara dengan Rp 600 juta pada 19 Januari mendatang,” kata Benny usai Hearing dengan Komisi B DPRD Sidoarjo, Rabu (12/01/2021).

Menurut dia, Meski proses lelangnya molor hingga sebulan, namun tetap tidak akan mengubah nilai penawaran kerjasama pengelolaan parkir tepi jalan tahun 2022 yang dipatok di angka Rp 20,4 Miliar.

Dijelaskannya, proses pencarian mitra kerjasama itu masih terus berlanjut dan diharapkan akan tuntas di akhir bulan ini. 

Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo, Bambang Pujianto mengaku menyerahkan sepenuhnya mekanisme dan keputusan lelang tender pengelolaan parkir pada pihak eksekutif. 

Baca juga: Gresik Mulai Uji Coba Parkir Non Tunai, Baru Dua Jam Mampu Raup Rp 1 Juta, Begini Teknisnya

“Kami tidak akan intervensi. Tapi yang jelas komisi B akan melakukan pengawasan pada saat pelaksanaannya nanti,” tuturnya.

Menurutnya, hal terpenting dalam hal ini bukan semata-mata pada besaran pendapatan yang akan diterima Pemkab Sidoarjo. Tapi juga wajib diimbangi dengan pelayanan kepada masyarakat. 

“Jangan sampai nantinya mitra Pemkab itu seakan kejar setoran tapi mengabaikan kualitas layanan apalagi sampai memungut tarif di atas ketentuan,” pesannya

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved