Breaking News:

Berita Jember

Relawan PMI Jember Bersihkan Sumur Warga Perumahan Bumi Mangli Permai yang Terkontaminasi Banjir

Relawan PMI Jember membersihkan sumur warga di Perumahan Bumi Mangli Permai yang terkontaminasi banjir, agar bisa digunakan kembali.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Relawan PMI Jember membersihkan lumpur dan sumur warga terdampak banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai Jember, Selasa (11/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pembersihan banjir di Perumahan Bumi Mangli Permai (BMP) Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember, masih terus berjalan, Selasa (11/1/2022).

Petugas dan relawan dari sejumlah instansi, bersama warga bergotong royong membersihkan rumah dan jalanan yang masih tertutupi material lumpur.

Relawan yang turun membersihkan di antaranya relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Jember.

Sebanyak 35 orang relawan PMI Jember membersihkan sumur warga di perumahan tersebut.

Banjir maupun genangan, selalu membuat sumur warga terkontaminasi, Karenanya, relawan PMI melakukan pembersihan sumur warga dengan cara menyedot air sumur yang tidak layak.

Baca juga: Bupati Jember Sebut Banjir Parah di Kaliwates Akibat Pendangkalan Sungai, Akan Dilakukan Pengerukan

"Kami melakukan water sanitation and hygiene sumur milik warga, agar sumur yang kotor akibat banjir bisa dimanfaatkan kembali,” kata Kabid Pelayanan Unit Markas PMI Jember, Elvanana Kusdianto, Selasa (11/1/2022).

Relawan PMI menyedot air sumur yang terkontaminasi banjir, kemudian membersihkannya.

Selain membersihkan sumur warga, relawan PMI juga membersihkan jalanan dari lumpur.

Seorang warga perumahan yang memiliki sumur, Handoyo mengakui, tidak sedikit air sumur kotor akibat terkontaminasi banjir yang terjadi pada Minggu (9/1/2022).

Mengutip data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, banjir melanda dua kecamatan, yakni Kaliwates, dan Rambipuji.

Banjir berdampak pada 543 rumah tergenang air, 1.882 jiwa, 1 unit rumah rusak, 4 unit fasilitas umum terendam air. Sedangkan di Kecamatan Panti, ada tiga warga meninggal dunia.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved