Breaking News:

Berita Kota Batu

Vaksin Dosis Ketiga untuk Warga Batu Dimulai Besok, Berikut Jadwal dan Lokasinya

Masyarakat Kota Batu akan menerima vaksin dosis ketiga pada Kamis (12/1/2022). Rencananya, agenda vaksinasi tersebut berlangsung di Graha Pancasila, B

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batu, Ony Ardianto menerangkan, dosis ketiga ini mengikuti instruksi dari Pemerintah Pusat. 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Masyarakat Kota Batu akan menerima vaksin dosis ketiga pada Kamis (12/1/2022). Rencananya, agenda vaksinasi tersebut berlangsung di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani pukul 8 pagi.

Vaksinasi dosis ketiga ini diprioritaskan kepada warga yang telah menerima vaksin dosis kedua. Besok, para ASN, orang tua dan kelompok rentan lainnya akan menerima vaksin dosis ketiga.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batu, Ony Ardianto menerangkan, dosis ketiga ini mengikuti instruksi dari Pemerintah Pusat.

“Memang ada instruksi dari Pemerintah Pusat untuk melaksanakan vaksinasi dosis ketiga. Besok jatahnya untuk 100 orang. Dosis yang dipakai separoh dari dosis kedua,” ungkapnya.

Baca juga: Cara Cek Tiket Vaksin Booster Gratis di PeduliLindungi, Ada Syarat Penerima Vaksin Covid-19 Ketiga

Meskipun Kota Batu telah masuk kategori kekebalan imunitas (herd immunity), namun tetap saja melaksanakan vaksin dosis ketiga. Hal ini dinilai penting untuk menjaga masyarakat dari potensi penularan.

“Justru yang boleh vaksin dosis ketiga adalah wilayah yang warganya 75 persen lebih telah mendapatkan dosis kedua. Dengan dosis ketiga ini, berdasarkan hasil penelitian di beberapa tempat, bisa cepat sembuh juga,” ujar Oni, Rabu (12/1/2022).

Jenis vaksin yang akan digunakan besok adalah Sinovac dan Pfizer. Indonesia melaksanakan vaksinasi dosis ketiga setelah adanya rekomendasi dari WHO.

Di Kota Batu, data per 12 Januari 2022, jumlah kasus covid kumulatif sebanyak 3.121orang. Tidak ada penambahan kasus sejak sepekan terakhir.

Baca juga: Daftar 12 Puskesmas di Surabaya yang Suntikkan Vaksin Booster untuk Lansia Mulai Hari Ini

Jumlah kesembuhan kumulatif sebanyak 2.855 orang sedangkan jumlah kematian kumulatif ada 266.

Total suntikan vaksinasi sebanyak 320.809 (97,25%). Jumlah cakupan vaksin dosis pertama sebanyak 177.208 (107,44%), jumlah cakupan vaksin dosis kedua sebanyak 141.873 (86,02%).

Sedangkan jumlah cakupan vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan sebanyak 1.728 (103,67%). Sementara vaksin anak telah mencapai 84 persen.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati menyampaikan, pihaknya akan mengawali vaksinasi booster dari ASN Pemkot Batu.

“Di awal-awal kami akan memprioritaskan ASN yang usianya sudah di atas 45 tahun dengan menderita komorbid atau penyakit bawaan terlebih dahulu,” ujar Susan.

Pada pekan depan Dinkes Batu juga akan melakukan vaksinasi booster di sembilan fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Kota Batu.

Tempatnya ada di lima puskesmas dan empat rumah sakit. Di antaranya adalah Puskesmas Batu, Beji, Bumiaji, Junrejo dan Sisir. Sedangkan untuk rumah sakit di antaranya adalah, RS Karsa Husada, Bhayangkara Hasta Brata, Baptis dan Etty Asharto.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved