Breaking News:

Berita Surabaya

Wali Kota Eri Cahyadi Tanggapi Surabaya Jadi Kota Termacet di Indonesia Versi Inrix

Surabaya dinobatkan jadi kota paling macet di Indonesia tahun 2021. Kota Pahlawan disebut paling macet, bahkan jika dibanding Jakarta

TRIBUNJATIM.COM/BOBBY KOLOWAY
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat blusukan di Surabaya dengan menggunakan kendaraan roda dua. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Surabaya dinobatkan jadi kota paling macet di Indonesia tahun 2021. Kota Pahlawan disebut paling macet, bahkan jika dibanding Jakarta.

Ini berdasarkan hasil kajian yang dirilis oleh INRIX yang bertajuk Global Traffic Scorecard 2021. Dalam penelitian itu, INRIX mengkaji volume lalu lintas di 1000 kota di dunia. 

Lima kota besar di Indonesia masuk dalam jajaran kota termacet di dunia. Selain Surabaya, ada Jakarta, Denpasar, Malang, dan Bogor yang masuk dalam lima kota termacet di Indonesia versi Inrix

Secara nasional, Surabaya dinobatkan jadi kota termacet. Sementara secara global, Surabaya menempati urutan ke 41 kota termacet di dunia.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan ini akan menjadi bahan evaluasi.

"Survei ini jadi indikator koreksi transportasi ke depan," kata Wali Kota Eri Cahyadi, Kamis (13/1/2022). 

Sekali pun demikian, pihaknya juga akan melihat bagaimana metode survei ini dilakukan. Termasuk, lokasi dan waktu pengambilan sampel. 

"Ini kan ada indikator, kami juga tanya, di titik yang mana dan jam berapa? Kalau mau lihat itu semua, warga juga bisa disurvei," kata Eri Cahyadi.

Ia menegaskan Surabaya masih cukup nyaman bagi pengendara. "InshaAllah, masyarakat Surabaya kalau disurvei pasti bilang macet itu nggak ada. Tapi, kita liat indikatornya sebagai bahan evaluasi," katanya. 

Senada dengan hal ini, Dinas Perhubungan Kota Surabaya menegaskan bahwa jalan di Surabaya masih cukup nyaman bagi pengendara. Ini didasarkan pada v/c ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas atau arus lalu lintas semakin lancar.  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved