Breaking News:

Berita Surabaya

Surabaya Disebut Paling Macet, Dishub Tegaskan Jalanan Kota Pahlawan Masih Nyaman untuk Pengendara

Surabaya disebut kota paling macet menurut survei Inrix, Dishub menegaskan jalanan Kota Pahlawan masih nyaman, macet terjadi di waktu-waktu tertentu.

Tribun Jatim Network/Habibur Rohman
Kondisi arus lalu lintas di Kawasan Jalan Ahmad Yani Surabaya (Bundaran Dolog) yang ramai saat pagi maupun sore, Jumat (14/1/2022). Surabaya menduduki tingkat pertama penyandang kota termacet di Indonesia dan peringkat 41 kota termacet di dunia berdasarkan hasil kajian yang dirilis oleh Inrix yang bertajuk Global Traffic Scorecard 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dinas Perhubungan Surabaya menanggapi klaim survei Inrix menyebut Surabaya kota termacet di Indonesia.

Sebelumnya, survei bertajuk Global Traffic Scorecard 2021 tersebut menyebut Kota Pahlawan lebih macet dibanding kota lain, termasuk Jakarta.

Selain Surabaya, ada Jakarta, Denpasar, Malang, dan Bogor yang masuk dalam lima kota termacet di Indonesia versi Inrix. 

Dinas Perhubungan Surabaya menyebut, kemacetan di Kota Pahlawan masih bisa ditolerir.

"Menurut pandangan kami, tidak seperti itu. Bisa kita lihat lewat berbagai indikator, lalu lintas di Surabaya cukup baik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, Jumat (14/1/2022). 

Baca juga: Wali Kota Eri Cahyadi Tanggapi Surabaya Jadi Kota Termacet di Indonesia Versi Inrix

Pertama, hal ini didasarkan pada rataan vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas atau arus lalu lintas semakin lancar.  

"Kalau vc ratio di Surabaya, masih bagus, masih rendah. Rata-rata jalanan Surabaya masih sebesar 0,6. Masih cukup rendah," kata Tundjung Iswandaru

Dengan indikator ini, ia menegaskan bahwa jalanan Surabaya masih cukup nyaman bagi pengendara.

"Artinya, kendaraan masih bisa ditampung jalanan Surabaya. Kecepatan rata-rata, masih di 40-41 km. Tidak sampai jalan di trotoar," katanya. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved