Berita Mojokerto

Ganjar Pranowo Sebut Sekolah Seokarno di Kota Mojokerto Bisa Menjadi Contoh Pendidikan Karakter

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilik Sekolah Ongko Loro (Angka Dua) tempat Soekarno kecil menimba ilmu di Kota Mojokerto

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Romadoni
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Mojokerto lka Puspitasari saat mengunjungi Sekolah Seokarno yang kini SDN Purwotengah di Kota Mojokerto. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilik Sekolah Ongko Loro (Angka Dua) tempat Soekarno kecil menimba ilmu di Kota Mojokerto.

Ganjar tampak didampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari untuk melihat arsitektur bangunan di sekolah Ongko Loro yang kini berubah menjadi SDN  Purwotengah Taman Siswa, Kecamatan Magersari, Sabtu (15/1/2022) malam.

Ganjar tampak melihat-lihat peninggalan Soekarno semasa kecil saat sekolah di SDN Ongko Loro. Dia juga sempat berinteraksi dengan dengan siswa-siswa yang menabuh gamelan di ruangan tengah.

Ganjar menyebut tempat sekolah Seokarno sewaktu kecil di Kota Mojokerto ini memiliki peninggalan yang luar biasa.

Baca juga: Start Up di Kota Malang Diminta Ciptakan Ekosistem Ekonomi Digital, Erick Thohir: Potensi Luar Biasa

"Banyak tempat-tempat bagus ya, kita bisa melihat sekolahnya Bung Karno maka ini tidak hanya sekedar bangunan tapi di dalamnya ada cerita yang luar biasa," ungkapnya, Sabtu (15/1).

Dia mengatakan peninggalan-peninggalan
sekolah Ongko Loro di Kota Mojokerto ini 
dapat menjadi contoh untuk memperkuat pendidikan karakter.

"Kalau kita bicara soal pendidikan karakter wah ini tempat yang keren anak-anak bisa merasakan, menghayati tinggal kita memperkuat literasi sehingga apa yang pernah disampaikan Bung Karno tentang nilai-nilai bagaimana berbangsa dan bernegara, bermasyarakat itu anak-anak bisa mempelajari dari sini," ucap Ganjar.

Ganjar juga mendukung langkah Pemkot Mojokerto yang akan membangun sekolah Ongko Loro ini menjadi museum Bung Karno.

"Tadi sudah disampaikan (Walikota Mojokerto) akan dibangun cagar budaya-nya dikembalikan lagi dan akan dimodernisasi untuk meningkatkan literasi dengan konten digital itu hebat," jelasnya.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan pihaknya merasa senang kunjungan Gubernur Jawa Tengah,
Ganjar Pranowo untuk melihat secara langsung sekolah Seokarno kecil yang ada di sekolah Ongko Loro atau kini SDN Purwotengah ini.

Ning Ita sapaan Walikota Mojokerto ini juga memuji cara berdialog Ganjar dengan murid-murid dan guru di sekolah Purwotengah.

"Bagaimana tadi (Ganjar, Red) berdialog dan melihat secara langsung bahwa anak-anak kita yang sekolah di SD Purwotengah atau sekolah Seokarno ini memiliki karakter dan mereka bisa dengan keberanian dan lugas berdialog secara nyaman dengan seorang Gubernur," terangnya.

Ning Ita menuturkan pihaknya merasa bangga lantaran Ganjar mengapresiasi sekolah Seokarno ini sebagai suatu pusat pendidikan yang tidak hanya di sekolah biasa.

Namun, anak-anak yang bersekolah di SDN Purwotengah atau sekolah Seokarno ini bisa merasakan secara langsung bagaimana mengenyam pendidikan di tempat Sang Proklamator mengenyam pendidikan.

"Sehingga, tadi (Ganjar) memberikan masukan saran bagaimana anak-anak ini sejak dini diberikan pendidikan karakter perjuangan dan sejarah tentang Soekarno sehingga kedepannya bisa menjadikan suatu bekal agar mereka memiliki semangat Nasionalisme, memiliki kecerdasan serta jiwa Cendekiawan seperti Seokarno," pungkasnya. (don/ Mohammad Romadoni).

Kumpulan berita Mojokerto terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved