Brand Lokal Ramaikan Pasar Nasional dan Internasional Lewat Industri Herbal

Tahun 2021 menjadi tahun di mana brand lokal Indonesia mulai menggeliat meramaikan pasar nasional dan internasional. Terbukti dengan banyaknya brand l

istimewa
Beberapa konsumen saat menunjukkan produk herbal Madu M45. Madu sendiri dipercaya mengandung vitamin A, E, K, B kompleks, dan C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tahun 2021 menjadi tahun di mana brand lokal Indonesia mulai menggeliat meramaikan pasar nasional dan internasional. Terbukti dengan banyaknya brand lokal yang lahir dengan membawa konsep think global act local. 

Salah satu industri yang ikut meramaikan adalah industri herbal. Indonesia memiliki berjuta ragam tanaman obat yang berpotensi dikembangkan untuk menambah nilai industri obat berbahan herbal (jamu, Obat Herbal Terstandar/OHT, dan fitofarmaka) yang jauh lebih besar dibanding negara lain. 

Sebuah studi menunjukkan, berdasarkan bukti lukisan Zaman Batu, dikatakan bahwa produk lebah seperti madu telah digunakan untuk pengobatan penyakit sejak 8000 tahun lalu. Studi tersebut bukan hanya buah bibir semata, namun juga menjadi pembuktian bahwa produk herbal lokal indonesia bisa bersaing. 

"Bahan herbal berkualitas tinggi dari. Indonesia seperti lemon, madu, bawang lanang, cuka apel, dan jahe merah adalah herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh," ujar Ali Muchaidori selaku pemilik brand Madu M45, Selasa (18/1/2022).

Ali Muchaidori kemudian menguraikan beberapa manfaat dari bahan herbal tersebut.

Pertama madu, herbal yang dihasilkan oleh lebah ini dipercaya mengandung vitamin A, E, K, B kompleks, dan C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Madu dapat menangkal radikal bebas, meningkatkan imun, sebagai obat batuk, dan mempercepat luka sembuh. 

"Selain itu madu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan jantung," katanya. 

Selain itu ada pula cuka apel. Kandungan dalam cuka apel adalah asam asetat, asam gallic, fosfor, kalium, katekin, asam folat, biotin, dan lain sebagainya. 

Cuka apel disebutnya dapat mengontrol gula dalam darah, menurunkan berat badan, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Cuka apel juga dapat membunuh kuman pada makanan, melindungi sel tubuh, dan mengendalikan kadar insulin. 

Herbal lainnya adalah jahe merah. Menurutnya, jahe merah bermanfaat untuk anti penuaan dan kanker, serta menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. 

"Jahe merah juga dapat meningkatkan imun, mencegah infeksi bakteri maupun virus, dan menyembuhkan masalah pencernaan," Ali menjelaskan. 

"Sementara lemon dapat menjaga tubuh terhidrasi, meningkatkan imun, dan melancarkan pencernaan," imbuhnya. 

Lemon juga dipercaya mampu menjaga jantung tetap sehat, menghindarkan dari anemia, hingga mencegah batu ginjal. Untuk menunjang penampilan lemon mampu menjaga berat badan dan membuat kulit lebih sehat. 

Selain herbal di atas, Ali menambahkan ada satu herbal lagi yang dipercaya punya banyak manfaat, yakni bawang lanang. 

Bawang lanang sendiri dianggap dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, mencegah kanker dan hipertensi. 

Selain itu bawang lanang dapat meningkatkan daya ingat, menjaga stamina, dan menjaga masa kehamilan tetap sehat. 

"Bahan-bahan herbal yang punya segudang manfaat tersebut terkandung dalam produk kami Madu M45. Banyak konsumen yang merasakan manfaat positif setelah konsumsi madu tersebut," ungkapnya. 

Menurut Ali, animo masyarakat tentang produk herbal sangat positif. "Harapannya madu M45 dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di bidang kesehatan tradisional.” harap Ali.

Salah satu konsumen, Saptuari Sugiharto, memberikan testimoni manfaat produk herbal untuk kesehatan. “Enak, pokoknya buat yang kolestrolnya bermasalah, Tengkuknya sering pegal-pegal. Bisa konsumsi madu M45,” tulisnya dalam akun Instagram. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved