Hyundai Sukses Dominasi Pasar Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, Kontribusi Capai 87,3 Persen

Hyundai sukses mendominasi pasar kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia, kontribusi mencapai 87,3 persen.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Hyundai IONIQ Electric, 2022. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali membuktikan kepemimpinannya di industri otomotif Indonesia, dengan mendominasi kategori Electric Vehicle (EV), khususnya di segmen Kendaraan Listrik Berbasis Baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), selama tahun 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan GAIKINDO.

Hal ini menjadikan Hyundai pemimpin pangsa pasar BEV sebesar 87,3 persen. KONA Electric memimpin segmen BEV dengan penjualan 366 unit atau 52,8 persen dari total penjualan ritel, disusul IONIQ Electric dengan 239 unit atau 34,5 persen.

Tak hanya di sepanjang 2021, di tahun sebelumnya, yakni 2020, Hyundai juga memimpin pangsa pasar BEV dengan total 124 unit yang terjual dari total 130 transaksi ritel berdasarkan data GAIKINDO.

Baca juga: Hyundai Motors Indonesia Bocorkan Penampilan SUV CRETA, Tampak Berani, Dinamis dan Futuristik

President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Sung Jong Ha mengatakan, Hyundai menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggannya di Indonesia terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan Tanah Air.

"Kami percaya bahwa pencapaian yang diterima oleh kedua model EV Hyundai tersebut tidak terlepas dari komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang berpusat pada pelanggan, serta menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka," jelas Sung Jong Ha, Selasa (18/1/2022).

KONA Electric dan IONIQ Electric telah mencatatkan sejarah mereka di Indonesia dan akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang.

"Di samping itu, kami juga akan memperkenalkan IONIQ 5 yang akan diproduksi oleh Hyundai di Indonesia. Hal ini tentunya akan semakin memperkuat visi Hyundai untuk era elektrifikasi dan Indonesia akan segera menempati posisi yang lebih tinggi lagi di industri EV global," lanjutnya.

Dia juga mengatakan, KONA Electric dan IONIQ Electric yang hadir bersamaan sejak akhir tahun 2020 telah sukses menandai permulaan komitmen jangka panjang Hyundai untuk membangun ekosistem EV Indonesia.

"Oleh karenanya, melalui kerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra strategis lainnya, Hyundai juga telah membangun fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di lebih dari 180 titik lokasi di penjuru Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua," ujarnya.

"Selain itu, secara bersamaan dalam berbagai kesempatan, Hyundai juga secara proaktif telah mengedukasi pelanggannya di Indonesia tentang manfaat memiliki EV serta memastikan bahwa EV dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari untuk semua orang," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved