Berita Jatim

DPRD Jawa Timur Dorong Optimalisasi Upaya Menggenjot PAD di Tengah Pandemi Covid-19

Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus dodorong Komisi C DPRD Jawa Timur, agar dapat lebih optimal. Seluruh upaya harus terus dilakukan.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Komisi C DPRD Jawa Timur saat menggelar rapat kerja bersama Bapenda serta UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah di Malang Kota, Rabu (26/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus dodorong Komisi C DPRD Jawa Timur, agar dapat lebih optimal.

Seluruh upaya harus terus dilakukan, apalagi di situasi pandemi Covid-19 (virus Corona) ini. 

Ini disampaikan Ketua Komisi C DPRD Jawa Timur, Abdul Halim dalam rapat kerja bersama Bapenda serta UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah di Kota Malang, Rabu (26/1/2022).

Abdul Halim mengaku yakin upaya genjot bisa dilakukan Bapenda. 

"Kami berharap di tahun ini sudah menjadi endemi. Sehingga, target-target dalam rangka meningkatkan pendapatan bisa tercapai," kata Abdul Halim

Politisi Partai Gerindra itu mengaku yakin, peningkatan pendapatan bisa dilakukan. Sebab, berkaca pada realisasi tahun 2021 mengalami tren positif, bahkan melampaui target hingga sekitar 107 persen. 

"Maka apalagi di tahun 2022 ini realisasi dari target-target yang sudah dibuat oleh Bapenda itu akan terus tercapai, ini yang kita dorong," terang Abdul Halim

Sekalipun demikian, Halim tetap mendorong inovasi agar terus digenjot. Pihaknya mendorong Bapenda hingga UPT terus menerus melakukan inovasi. Itu penting dalam rangka bisa menghimpun pendapatan dari objek pajak di Jawa Timur. 

Halim memastikan, sebagai mitra kerja dan tugas pengawasan, pihaknya akan terus melakukan monitoring. Upaya itu dilakukan dengan cara roadshow ke berbagai daerah untuk melihat secara langsung. 

"Kita akan terus roadshow untuk mengetahui sejauh mana realisasi kinerja UPT Bapenda sebagai bagian dari mitra kerja kita," ungkapnya. 

Di sisi lain, Kepala Bapenda Jawa Timur, Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno dalam rapat tersebut memaparkan, pada awal tahun ini, Jawa Timur telah mencatatkan tren positif. 

Itu patut disyukuri sebab tren positif juga telah terjadi pada tahun 2021. Di sisi lain, pihaknya juga memberikan apresiasi terkait kepatuhan wajib pajak. Di samping kebijakan lain yang dilakukan di Pemprov Jatim. 

"Alhamdulillah, ini karena memang semuanya pada melaksanakan upaya yang luar bisa mengoptimalisasi untuk pendapatan ini," ujar Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno

Lebih lanjut, Abimanyu mengungkapkan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya optimalisasi di tahun ini. Di antaranya, inovasi pembayaran pajak memanfaatkan digitalisasi.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved