Berita Jatim

Gandeng Ikatan Alumni ITB Jawa Timur, BKNU Jatim Tegaskan Komitmen Berdayakan Masyarakat Pesisir

Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama atau BKNU PWNU Jatim menjalin kerjasama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jatim. Kerjasama it

TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Suasana penandatangan kerjasama antara BKNU Jatim dengan IA ITB Jatim yang berlangsung di Gedung PWNU Jatim, Sabtu (5/2/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -  Badan Kemaritiman Nahdlatul Ulama atau BKNU PWNU Jatim menjalin kerjasama dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jatim. Kerjasama itu berkaitan dengan upaya pemberdayaan masyarakat pesisir. 

Jalinan kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kedua pihak yang berlangsung di Gedung PWNU Jatim, Sabtu (5/2/2022). Penandatangan itu dilakukan oleh Ketua BKNU Mahmud Mustain dengan Ketua IA ITB Jatim Saritomo. 

Proses penandatanganan MoU itu pula, disaksikan langsung oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) KH Marzuki Mustamar. Serta disaksikan juga oleh pengurus cabang BKNU se Jawa Timur yang turut mengikuti secara virtual. 

"Bagi kami BKNU dan IA ITB Jatim ini sangat penting, yang merupakan langkah awal bagaimana bisa sinergi, kolaborasi antara pengurus BKNU dan civitas akademika IKA ITB Jatim yang notabene adalah ilmuan," kata Mahmud Mustain. 

Baca juga: Larang Kadernya Rangkap Jabatan, PWNU Jatim Pertegas Aturan Organisasi untuk Para Kader

Persoalan ini dinilai sebagai salah satu hal yang sangat penting. Apalagi, hal ini sejalan dengan tema Harlah NU ke-96 yang mengangkat tema kemaritiman. Diharapkan keinginan visi kemaritiman untuk kesejahteraan dan kemaslahatan umat terwujud. 

Menurut Mahmud Mustain, pihaknya memastikan sudah siap menyambut visi besar tersebut. Sebab, bangsa ini memiliki potensi besar terkait hal itu. 

"Kami di BKNU konsen ingin membantu masyarakat menengah ke bawah yang ada di pesisir. Dan kebetulan IA ITB Jatim ini juga punya minat kesana. Keinginan yang sama itu yang menjadi titik temu untuk kita bisa bekerjasama," terangnya. 

Setidaknya ada beberapa isi program. Diantaranya, Diklat, kerjasama penelitian, pengabdian kepada masyarakat hingga pendampingan membangun dan pengembangan usaha dan seterusnya. 

Baca juga: Laskar Ganjar-Puan Jatim Terbentuk, Relawan Kompak Dongkrak Elektabilitas Keduanya Maju Pilpres 2024

Sementara itu, Ketua IA ITB Jatim Saritomo mengungkapkan, pihaknya merasa bersyukur dengan adanya kerjasama tersebut. "Ini menjadi satu konsen dan semangat kita bersama untuk membantu masyarakat terutama di pesisir," ungkapnya. 

Disisi lain, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar menyambut positif jalinan kerjasama antara BKNU Jatim dengan IA ITB Jatim. Menurut Kiai Marzuki, persoalan kemaritiman memang sangat urgen termasuk dalam upaya pemberdayaan. 

Apalagi, Indonesia memiliki wilayah maritim yang sangat besar sekali. Sehingga, pengembangan dan pemberdayaan menjadi poin penting. 

"Tentu penting sekali kita melakukan pemberdayaan, peningkatan, kontrol dan pengawasan terhadap potensi-potensi yang ada di pantai. Baik secara SDM, kultur budaya juga termasuk agamanya, maupun potensi alamnya," ujar Kiai Marzuki. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved