Berita Nganjuk

Polisi di Nganjuk Edukasi dan Sosialisasi Penerapan Prokes Serta Bagikan Masker

Efektifitas penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) semakin dioptimalisasi seiring dengan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Nganjuk.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Achmad Amru Muiz
Jajaran Polsek Nganjuk Kota didukung Mobil Masker Polres Nganjuk membagikan masker kepada warga pengguna lalu lintas yang abai terhadap Prokes. 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Efektifitas penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) semakin dioptimalisasi seiring dengan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Nganjuk.

Hal itu dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi secara berkesinambungan kepada masyarakat sehingga patuh dan bisa menjadi suatu kebiasaan.

Kapolsek Nganjuk Kota Polres Nganjuk, Kompol Burhanudin menjelaskan, tim Patroli dengan Mobil Masker melakukan blusukan ke beberapa tempat umum.

Di antaranya Pertokoan Jalan A Yani Nganjuk, Pasar Wage Nganjuk, dan Gedung Juang 45 Nganjuk untuk melakukan edukasi, terutama untuk penerapan Prokes dalam menghadapi Pandemi Covid-19.

"Masyarakat harus terus diingatkan, pendekatannya juga akan lebih efektif melalui penyadaran dengan memberikan edukasi, himbauan hingga teguran bagi yang tetap tidak mengindahkannya dan itu yang harus dikedepankan."

"Terlebih dengan ditemukannya Covid-19 varian Omicron, sehingga semuanya tetap harus waspada jangan lengah dalam menerapkan Prokes," kata Burhanudin didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Senin (14/2/2022).

Baca juga: Pasangan di Bawah Umur Ini Tak Sadar Terjaring Razia di Tuban, Kaget saat Buka Mata: Tidak Kenal

Dijelaskan Burhanudin, disadari kalau sosialisasi kesehatan memegang peran utama dalam penanganan Covid-19.

Prosedur kesehatan yang direkomendasikan untuk menekan penyebaran penyakit mencakup 5M.

Yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi aktivitas di luar rumah, dan menjauhi kerumunan.

"Dan kami tetap konsisten memberikan edukasi penerapan Prokes, seperti di area pasar serta tempat lainnya yang kerap menimbulkan keramaian," ucap Burhanudin.

Baca juga: BNNK Nganjuk Terus Lakukan Upaya Mengajak Masyarakat Jauhi Narkoba, Begini Caranya

Sementara kegiatan sama juga dilakuka Polsek Warujayeng Polres Nganjuk. munculnya Covid-19 Varian Omicron menjadi perhatian semua pihak.

Ini setelah Varian Omicorn menyebabkan gelombang ketiga dan terus menambah angka konfirmasi positif Covid-19 di daerah-daerah.

Kapolsek Warujayeng Polres Nganjuk, Kompol Masherly Sutrisno mengatakan, pihaknya tidak henti menerjunkan tim Patroli untuk membagikan masker.

Disamping itu, kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca juga: Rencana Pria di Gresik untuk Menikah di Malam Valentine Berantakan, Bermula dari Pesta Sabu

Ini dikarenakan pandemi Covid-19 sampai kini belum berakhir dan justru belakangan ini telah terjadi peningkatan.

"Untuk itu, kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan harus kembali ditingkatkan setelah tampak mulai kendor. Maka dari itu, kami melakukan kegiatan edukasi di pasar dan tempat umum lainnya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan," kata Masherly Sutrisno.

Dan pihaknya, tambah Masherly Sutrisno, berharap dengan ditegakkannya protokol kesehatan, penularan covid-19 di wilayah hukum Polsek Warujayeng dapat ditekan.  

"Yang pasti, kami tidak akan kendor dalam melakukan antisipasi penyebaran Covid-19. Kami akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan agar wilayah kita bisa bebas Covid-19," tutur Masherly Sutrisno.

Baca juga: Pemkab Nganjuk Bersama BPN Realisasi Program PTSL Secara Berkelanjutan

berita Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved