Berita Banyuwangi

Festival Buah Naga Tandai Banyuwangi Jadi Pemasok Terbesar Nasional, Hasilkan 82.544 Ton Setahun

Kabupaten Banyuwangi menjadi daerah pemasok buah naga terbesar di Indonesia. Dengan panen sepanjang tahun, Banyuwangi menghasilkan 82.544 ton dalam se

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Festival Buah Naga, di Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Jumat (18/2/2022) malam. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi menjadi daerah pemasok buah naga terbesar di Indonesia. Dengan panen sepanjang tahun, Banyuwangi menghasilkan 82.544 ton dalam setahun.

Untuk kian mendorong produksi buah naga, Banyuwangi menggelar Festival Buah Naga, di Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Jumat (18/2/2022) malam. 

Festival ini digelar di tengah perkebunan buah naga bersama kelompok Petani Buah Naga Banyuwangi (Panaba).

Selain memperkenalkan berbagai produk dari buah naga, juga disuguhkan aksi penari gandrung tampil dengan latar belakang lampu-lampu penerangan yang digunakan untuk meningkatkan produksi buah naga. 

Lampu-lampu tersebut merupakan inovasi Puting Si Naga (Penggunaan Lampu Tingkatkan Produksi Buah Naga), penggunaan lampu di kebun buah naga pada malam hari untuk merangsang pembungaan, sehingga menghasilkan peningkatan produktivitas buah naga.

Puting Si Naga terpilih dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Tingkat Nasional.

Baca juga: Menu Diet Smoothie Buah Naga & Mangga, Sarapan Sehat untuk Turunkan Berat Badan, Ini Cara Membuatnya

"Festival Buah Naga ini untuk mengapresisasi para petani Banyuwangi yang selalu melakukan inovasi di sektor pertanian. Ditambah lagi seiring telah dicanangkannya Banyuwangi Rebound, Festival Buah Naga bisa menjadi momentum kebangkitan sektor pertanian," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani

Ipuk mengapresiasi para petani buah naga yang terus melakukan inovasi. Mulai bagaimana meningkatkan produktivitas hingga mengajak warga setempat membuat olahan pangan berbahan baku buah naga. 

"Ini adalah wadah kreasi dan inovasi produk pertanian unggulan Banyuwangi. Selain unsur edukasi, festival ini juga diharapkan menjadi instrument eksplorasi potensi pertanian lokal dengan kualitas global," tambah Ipuk.

Baca juga: Omzet Petani Buah Naga Naik hingga Tiga Kali Lipat Berkat Electrifying Agriculture

Buah naga sebenarnya merupakan tanaman hortikultura yang bersifat jangka panjang, seperti tanaman jeruk dan jambu. Produksi buah naga mencapai puncak pada musim panen bulan Nopember – Maret dan selebihnya tidak berbuah (off-season).  

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved