Berita Kabupaten Pasuruan

Pemkab Pasuruan Lakukan Percepatan Normalisasi Sungai, Tekan Potensi Banjir di Musim Hujan

Pemkab Pasuruan melakukan percepatan normalisasi sungai untuk menekan potensi banjir di musim hujan, pemkab alokasikan Rp 2,9 M untuk normalisasi.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Dwi Prastika
SURYA/GALIH LINTARTIKA
ILUSTRASI Proyek normalisasi Sungai Kedunglarangan di Kabupaten Pasuruan - Sejumlah sungai di Kabupaten Pasuruan dikeruk. Hal ini untuk meningkatkan daya tampung air. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan untuk meminimalisir risiko banjir di musim hujan.

Satu di antaranya adalah percepatan normalisasi di beberapa jaringan irigasi yang rentan banjir.

Sejumlah jaringan irigasi di Kabupaten Pasuruan dikeruk. Hal ini untuk meningkatkan daya tampung air. Ketika hujan melanda, diharapkan bisa mengurangi luapan air.

Kepala Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto mengungkapkan, derasnya hujan memang berpengaruh terhadap volume air.

Disampaikan Hari Aprianto, sejumlah alat berat ekskavator diturunkan untuk mengeruk sungai di wilayah Kabupaten Pasuruan agar bisa mengurangi risiko banjir.

“Alat-alat berat sudah kami turunkan di beberapa titik. Pengerukan sedang berlangsung untuk beberapa hari ke depan," katanya.

Pengerukan itu seperti yang dilakukan di Sedepan, Kecamatan Winongan. Selain itu, juga dilakukan di Sungai Gayam, Desa Winong, Kecamatan Gempol.

Sekadar informasi, Pemkab Pasuruan mengalokasikan anggaran besar yakni Rp 2,9 miliar untuk normalisasi di tahun 2022 ini.

Dana itu bersumber dari DAU APBD 2022. Targetnya, bisa mengeruk hingga kurang lebih 40 jaringan irigasi di Kabupaten Pasuruan sepanjang 2022 ini.

Bukan hanya untuk mengurangi risiko banjir. Tetapi juga, memperlancar jaringan irigasi ke pertanian.

"Mudah-mudahan ini bermanfaat," tutupnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved