Virus Corona

Wacana Vaksin Booster Dosis Keempat Disampaikan Wamenkes, Intip Pelaksanaannya di Negara Lain

Wacana pemberian vaksin booster dosis keempat disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono. Intip pelaksanaan di negara lain.

Editor: Hefty Suud
Pixabay
Ilustrasi - Vaksin Covid-19 dosis keempat 

TRIBUNJATIM.COM - Ada wacana pemberian vaksin booster dosis keempat

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono.

Dante mengatakan, masyarakat perlu memahami vaksinasi booster bertujuan untuk memberikan tambahan efek proteksi yang sebelumnya sudah menurun, dari vaksin virus Corona ( Covid-19 ) dosis lengkap.

"Kita masih melakukan equal policy, itu yang kita kejar dulu supaya kita bisa proteksi untuk masyarakat yang mendapatkan vaksinasi primer," kata Dante dalam diskusi yang digelar Radio Kesehatan Kemenkes, dikutip dari Kompas.com, Rabu (23/2/2022)

Diketahui, vaksin booster bertujuan untuk memberikan tambahan efek perlindungan dari vaksin dosis lengkap yang sudah mulai menurun.

Sampai saat ini, pemerintah baru merealisasikan vaksinasi booster dosis ketiga kepada masyarakat.

Baca juga: Stok Vaksin Booster AstraZeneca di Kota Malang Masih Aman, Jenis Pfizer dan Moderna Habis

Baca juga: Cara Hadapi Hari Greges Nasional yang Viral di Media Sosial, Kemenkes Ingatkan Waspada Omicron

"Kemudian kita bisa evaluasi dengan uji klinik epidemologi kita memerlukan booster keempat, bukan tidak mungkin booster keempat itu diperlukan, tapi bukan sekarang waktunya," katanya lagi.

Lantas, bagaimana dengan vaksin dosis keempat di negara lain?

1. Vaksin dosis keempat di Israel

Profesor Jacov Lavee menerima dosis keempat vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19, di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Senin (27/12/2021).
Profesor Jacov Lavee menerima dosis keempat vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19, di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Senin (27/12/2021). (Tsafrir Abayov)

Israel memulai uji coba vaksin virus Corona dosis keempat pada Senin ini dengan 150 tenaga medis yang menerima dosis booster pada bulan Agustus dalam apa yang diyakini sebagai studi pertama dari jenisnya.

Tsafrir Abayov Profesor Jacov Lavee menerima dosis keempat vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19, di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Senin (27/12/2021).

Israel memulai uji coba vaksin virus corona dosis keempat pada Senin ini dengan 150 tenaga medis yang menerima dosis booster pada bulan Agustus dalam apa yang diyakini sebagai studi pertama dari jenisnya.

Dilansir dari Kompas.com (28/1/2022), Israel menjadi negara pertama di dunia yang mengampanyekan vaksinasi massal Covid-19 untuk penduduknya.

Direktur Kementerian Kesehatan Nachman Ash telah mengumumkan vaksin Covid-19 dosis keempat akan diberikan kepada orang renta yang berusia di atas 18 tahun, pada Rabu (26/1/2022).

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved