Berita Banyuwangi

Jadi Surganya Penikmat Kopi, Banyuwangi Coffee Week Juga Fasilitasi Anak Muda jadi Entreprenuer

Ngopi tak hanya telah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia, namun terdapat peluang bisnis di dalamnya. Di Banyuwangi kini ada Banyuwangi Coffee Week

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Banyuwangi menggelar "Banyuwangi Coffe Week" di Gedung Djuang 45, 25-27 Februari. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Ngopi tidak hanya telah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia, namun terdapat peluang bisnis di dalamnya. Di Banyuwangi kini banyak anak-anak muda yang mencoba peluang di ekosistem pengolahan kopi.

Memfasilitasi anak-anak muda menjadi entreprenuer kopi, Banyuwangi menggelar Banyuwangi Coffee Week di Gedung Djuang 45, 25-27 Februari. 

Di Banyuwangi Coffee Week bisa disebut menjadi surganya penikmat kopi. Selama tiga hari dihadirkan para ahli kopi dan berbagai produk kopi Banyuwangi.

Sebut saja  Iwan Subekti, yang merupakan tester kopi dan telah berkeliling ke penjuru dunia sebagai juri kopi seperti  Brasil, Amerika Serikat, Jepang, negara-negara Asia Tenggara, dan lainnya. 

Produk kopi milik Iwan yang telah terkenal dan menjadi rujukan cara mengolah kopi dengan benar, Kopai Osing, ada di acara ini.

Selain Kopai Osing, berbagai produk hasil olahan pelaku usaha kopi Banyuwangi di sekitar kawasan Kawah Ijen dan Gunung Raung juga dihadirkan di Banyuwangi Coffee Week.

Baca juga: Ijen Coffee Market, Momentum Petani Kopi Banyuwangi Bertemu Investor dari Berbagai Negara

Seperti Kopi Telemung, Kasela Coffe, House of Coffe, Leaf Coffe, Kemangi Coffe, Coffe Wangi, dan serta berbagai produk kopi Banyuwangi lainnya. 

"Ngopi sudah menjadi gaya hidup. Di Banyuwangi kopi sedang tumbuh dengan pesat. Kopi lokal Banyuwangi menjadi salah satu produk Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Kini di Banyuwangi telah banyak muncul kedai-kedai kopi yang dikelola anak-anak muda Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani

Berdasarkan data pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, tahun 2021 Banyuwangi menghasilkan kopi sebesar 10.575 ton.

Menjadikan Banyuwangi menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di Jawa Timur. Kopi yang dihasilkan di Banyuwangi didominasi perkebunan rakyat. Berbagai produk kopi Banyuwangi juga telah diekspor ke berbagai negara. 

Baca juga: Anak Muda di Banyuwangi Dapat Pelatihan Jadi Pengusaha Kopi, HIPMI: Potensi Menjanjikan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved