Berita Surabaya

Kembangkan Desa Pancasila, Unesa Lakukan Kerjasama dengan Sejumlah Kepala Daerah

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar Stadium Generale dengan menghadirkan sejumlah pembicara.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Saat Berlangsungnya acara Stadium Generale sekaligus penandatanganan nota kesepahaman atau MoU kerja sama dengan sejumlah bupati dan wali kota di Jawa Timur di Graha Unesa, Jumat (25/2/22). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar Stadium Generale dengan menghadirkan sejumlah pembicara.

Di antaranya Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Rokhmin Dahuri dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Graha Unesa, Jumat (25/2/22). 

Dalam kesempatan ini, Hasto Kristiyanto menyampaikan, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa ke depannya. 

Menurutnya, generasi berkarakter Pancasila yang terlibat dalam memajukan ekonomi hijau dan industri 4.0 menuju Indonesia emas 2045 harus lahir dari kampus-kampus.

“Pancasila harus menjadi basis filosofis ekonomi hijau di Indonesia, basis karakter dan dasar dari perilaku hidup berbangsa dan negara. Ini harus diupayakan ke depan bersama perguruan tinggi,” ujarnya.

Baca juga: Atasi Hambatan Komunikasi, Dosen Unesa Ciptakan Aplikasi EasyIndo

Pada kesempatan ini pula, Unesa menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerja sama dengan sejumlah bupati dan wali kota di Jawa Timur.

Hal itu ditujukan sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia dan menggali potensi daerah sektor pendidikan serta penguatan ideologi Pancasila di daerah.

Menanggapi kerjasama tersebut, Rokhmin Dahuri mendukung gerakan Unesa sebagai kampus yang berkomitmen menguatkan ideologi Pancasila lewat berbagai programnya yang langsung menyentuh masyarakat desa dan kelurahan.

Menurutnya, fakta menunjukkan negara yang maju dan makmur adalah yang memiliki kerja sama yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kampus dan industri. 

Baca juga: Surabaya Masuk PPKM Level 3, ITS Lakukan Evaluasi PTM

“Semoga kerja sama ini menjadi wujud berdirinya kemandirian, berdikari untuk menghasilkan teknologi dalam berbagai sektor. Saya harap, anak-anak muda termasuk mahasiswa UNESA bisa terus melahirkan aplikasi 4.0 dan karya inovatif yang berdampak pada kemajuan masyarakat,” harap Guru Besar IPB itu. 

Terakhir, Ia berharap komitmen UNESA dan kepala daerah lewat MoU dapat direalisasikan segera, sehingga implementasi tridarma perguruan tinggi berjalan baik dan pembangunan daerah pun berjalan sesuai keinginan bersama. 

“Kerja sama ini jangan hanya sampai di MoU, tetapi harus segera terealisasi. Ini kerjasama yang sama-sama menguntungkan baik antara kampus dan pemda. Saya harap ini kolaborasi yang strategis menuju daerah yang maju dan Indonesia yang tumbuh dan unggul,” harapanya.

Baca juga: Tidak Kapok! Belasan Orang di Jember Kembali Gelar Ritual di Laut, Kini Berendam di Pantai Watu Ulo

Sementara itu, Rektor UNESA, Nurhasan menyampaikan, dalam membangun daerah, penguruan tinggi memiliki peranan penting. 

Di mana riset dan inovasi kampus diharapkan menjadi lokomotif kemajuan dan memberikan manfaat bagi daerah, kabupaten maupun kota.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved