Berita Kota Batu

Kunjungan Wisata Mulai Meningkat, Perolehan Pajak Sektor Hiburan di Kota Batu Sudah Lebihi 10 Persen

Perolehan Pendapatan Asli Daerah Kota Batu dari sektor pajak hiburan per Februari 2022 telah mencapai di atas 10 persen. Perolehan ini di atas rata-ra

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Sejumlah bus pariwisata yang mengangkut wisatawan parkir di depan Jatim Park 3. 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Perolehan Pendapatan Asli Daerah Kota Batu dari sektor pajak hiburan per Februari 2022 telah mencapai di atas 10 persen. Perolehan ini di atas rata-rata sumber PAD lainnya.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyebut, pajak hotel sudah tembus 14 persen atau Rp 3,9 miliar dari target Rp 27,5 miliar.

Lalu untuk pajak resto sudah tembus 16 persen atau 2,5 miliar dari target Rp 15,1 miliar. Pajak hiburan 8 persen atau Rp 2,6 miliar dari target Rp 30,7 miliar. Punjul menilai realisasi tersebut sudah cukup positif.

“Dengan realisasi tersebut, ini berarti pendapatan dari sektor pajak hiburan sudah sangat tinggi. Menandakan tingkat kunjungan wisata yang datang ke Kota Batu sudah mulai banyak,” katanya, Minggu (27/2/2022).

Baca juga: DPKP Pastikan Ketersediaan Pupuk Subsidi di Kota Batu Aman hingga Setahun Mendatang

Agar tren positif itu bisa terus dipertahankan, Pemkot Batu mengimbau agar para pelaku usaha di sektor hiburan bisa membuat pengunjung merasa aman dan nyaman, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Punjul menjelaskan, penerapan prokes ketat membuat tempat wisata tidak diberi sanksi.

“Karena lewat prokes ketat kesehatan masyarakat akan tetap terjaga dan perekonomian tetap berputar,” jelas dia.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi juga mengungkapkan, jika di awal tahun 2022 ini lonjakan pengunjung sangat terasa.

Baca juga: Sensasi Menginap di Rumah Hobbit Shanaya Resort Malang, Cocok Buat Self Healing dan Kumpul keluarga

Namun sayangnya terdapat lonjakan kasus Covid-19 belakangan ini dan menyebabkan penurunan pengunjung hingga 50 persen.

“Jumlah kunjungan wisatawan di Taman Rekreasi Selecta saat akhir pekan bisa melebihi 5.000 pengunjung per hari. Namun sejak adanya lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19. Jumlah kunjungan wisatawan pada akhir pekan tidak sampai 5.000 pengunjung,” ungkap Sujud.

Manager Marketing & Public Relation Jatim Park (JTP) Group, Titik S Ariyanto mengungkapkan, bahwa jumlah kunjungan wisatawan di awal tahun 2022 ini lebih baik dibanding tahun awal tahun 2021 lalu. Pada akhir pekan, kunjungan wisatawan bisa tembus hingga 1500 wisatawan.

“Berdasarkan catatan kami, saat weekend di awal 2022 ini jumlah wisatawan sudah tembus 1500 orang. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan weekend sebelum-sebelumnya yang hanya tembus 1000 wisatawan,” ujar Titik.

Dia menyebutkan, dari jumlah kunjungan tersebut, wisatawan terbanyak datang di Jatim Park 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk wahana lainnya seperti Batu Love Garden, Museum Angkut dan Batu Night Spectacular rata-rata jumlah kunjungan tembus 500 sampai 750 wisatawan.

“Dengan adanya jumlah kunjungan tersebut kami sangat bersyukur. Kami telah menetapkan prokes ketat dan menerapkan aplikasi PeduliLindungu untuk wisatawan maupun pegawai,” terangnya. (Benni Indo)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved