Berita Malang

Jaringan Ganja Dibekuk Satresnarkoba Polresta Malang Kota, Empat Tersangka Berhasil Diamankan

Satresnarkoba Polresta Malang Kota membekuk jaringan narkoba ganja. Dari jaringan itu, empat tersangka berhasil diamankan.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Wakapolresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto didampingi Wakasatresnarkoba Polresta Malang Kota AKP Anton Widodo dan Kasi Humas Polresta Malang Kota Ipda Eko Novianto saat menunjukkan barang bukti ganja yang diamankan dari empat tersangka. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Satresnarkoba Polresta Malang Kota membekuk jaringan narkoba ganja. Dari jaringan itu, empat tersangka berhasil diamankan.

Wakapolresta Malang Kota AKBP Deny Heryanto mengatakan, jaringan peredaran ganja itu terungkap berawal dari penangkapan tersangka SH alias Hariadi (45), warga Desa Parangargo Kecamatan Wagir Kota Malang.

Tersangka ditangkap pada Selasa (1/3/2022), karena terbukti menyimpan 21 gram ganja kering.

Dari pengakuan tersangka, dirinya mendapat barang dari tersangka DY alias Diyo (31), warga Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru. Dari hasil pengembangan, polisi berhasil melacak keberadaan Diyo di hari yang sama.

"Tersangka DY mendapatkan ganja dari orang berinisial AD yang menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang). DY mengaku, mengambil ganja tersebut dari AD di sebuah garasi PO Bus di Kota Malang pada bulan Februari 2022 lalu," ujarnya dalam kegiatan press rilis yang digelar di halaman depan Mapolresta Malang Kota, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Tukang Parkir di Kota Malang Nyambi Jadi Pengedar, Sempat Janjian Ambil Ganja 11,2 Kg di Ladang Tebu

Setelah diperiksa, diketahui Diyo menjual ganja dengan meranjaunya kepada FR alias Ferry (38), warga Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru. Hanya berselang beberapa jam, Ferry berhasil dibekuk di kediamannya.

"Dari tangan tersangka FR, kami berhasil mengamankan satu boks plastik warna coklat berisi dua bungkus lakban berwarna coklat dan empat bungkus ganja. Selain itu, kami juga mengamankan satu buah tas oranye berisi lima plastik berisi ganja, satu gulung platik wrap dan satu timbangan digital. Total ganja yang kami amankan seberat 3,5 kilogram," bebernya.

Sementara itu, Wakasatresnarkoba Polresta Malang Kota AKP Anton Widodo mengungkapkan, tersangka Diyo juga mengedarkan ganja kepada MD alias Meda (27), warga Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Sehingga, total ada empat tersangka yang diamankan oleh anggota Satresnarkoba Polresta Malang Kota.

Baca juga: Pelaku Pencurian Roda Mobil di Tuban Ternyata Masih Pelajar, Cuma Butuh Waktu 2 Menit Melepas Ban

"Untuk tersangka DY dan FR, terbukti selain sebagai penyalahguna juga sebagai kurir. Sementara tersangka lain, sebagai penyalahguna atau hanya membeli dan diberi saja oleh tersangka DY," ungkapnya.

Atas perbuatannya itu, tersangka Diyo dan Ferry dijerat dengan Pasal 111 ayat (1) dan Pasal 114 (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Keduanya terancan hukuman pidana penjara minimal lima tahun, dan hukuman pidana seumur hidup.

Sementara untuk tersangka Hariadi dan Meda, dijerat dengan pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara maksimal 12 tahun.

Baca juga: Ditanya Cita-cita, Siswa SD Ini Sebut Ingin Jadi Anggota Pemuda Pancasila, Kini Dapat Beasiswa

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved