Berita Banyuwangi

Kreatif, Komunitas di Banyuwangi Ubah Sungai Penuh Sampah Jadi Kolam Ikan dan Tanaman Pangan

Kali Sumber Seng, Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, dulunya dikenal sungai yang kumuh. Kini wajah itu berubah seiring dengan perubahan peri

Penulis: Haorrahman | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Haorrahman
Kali Sumber Seng, Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, kini bersih dan menjadi kolam ikan. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Kali Sumber Seng, Kelurahan Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, dulunya dikenal sungai yang kumuh. Kini wajah itu berubah seiring dengan perubahan perilaku warga sekitarnya.

Kali Sumber Seng kini menjadi kolam ikan yang bersih dan tanaman pangan

Dengan membentuk Komunitas Ikan Sumber Seng (KISS), kini warga sekitar menjaga dan menikmati hasil dari kerja keras mereka.

Dasar sungai Kali Sumber Seng bahkan bisa terlihat karena airnya yang jernih. Sungai yang merupakan saluran irigasi itu juga menjadi kolam ikan tombro, nila, dan koi. 

Di kawasan sepanjang sungai dihiasi dengan berbagai jenis tanaman pangan, seperti cabai, tomat,  terong, strawberry, anggur, dan sayuran.

"Dulu sungai ini kotor banyak sampah. Kalau musim penghujan kampung kami sering banjir karena air sungai meluap," kata Sarju, Ketua KISS. 

Sarju menceritakan gerakan bersih-bersih sungai ini dimulai warga, sekitar tahun 2019. Dia mengumpulkan warga RT 02 dan 03/ RW 02 Kelurahan Penganjuran untuk diajak membersihkan kali sejauh 300 meter.

Baca juga: Cara Unik Warga Kampung Oase Ondemohen Surabaya Manfaatkan Selokan Jadi Kolam Ikan Lele

"Sungai kami beri sekat-sekat untuk menyaring sampah yang terbawa arus sungai," kata Sarju. 

Setelah membersihkan sungai dari sampah, kemudian warga memasukkan bibit ikan ke dalamnya. Mereka memulai dengan menebar 15 ribu benih ikan.

"Kini ikan-ikan itu sudah beranak pinak. Sekarang warga sangat menjaga kebersihan sungai. Mereka akan menegur kalau ada yang membuang sampah ke sungai," kata Sarju. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved