KemenPPPA Apresiasi Komitmen Gojek Perkuat Penciptaan Ruang Publik Aman untuk Perempuan

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) apresiasi komitmen Gojek dalam perkuat ruang publik aman untuk perempuan.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pelanggan Gojek saat menunggu jemputan di titik jemput dan antar Goride instan di Royal Plaza Surabaya yang berlokasi di Lobby Utara, 2021. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dalam rangka Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap Maret, Gojek menunjukan kepeduliannya terhadap perempuan dengan semakin konsisten memperkuat penciptaan ruang publik yang aman.

Terbaru, sebagai langkah memperkuat upaya menciptakan ruang publik yang aman, pada tahun ini, Gojek fokus pada tiga hal.

Pertama, peluncuran pusat edukasi dan bantuan untuk cegah kekerasan seksual.

Kedua, penguatan edukasi terkait topik kekerasan seksual.

Ketiga, perluas Zona #AmanBersamaGojek di Indonesia.

Bahkan, bukti nyata kepedulian Gojek terhadap perempuan itu mendapat apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Plt Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, KemenPPPA, Indra Gunawan.

“Kami mengapresiasi upaya komprehensif Gojek secara berkelanjutan dalam upaya untuk turut menghapus kekerasan terhadap perempuan," ujar Indra Gunawan, Jumat (11/3/2022).

Kata dia, konsistensi dan keberlanjutan inisiatif yang telah dijalankan Gojek itu, menunjukkan keseriusan Gojek dalam berkontribusi melawan kekerasan terhadap perempuan guna menciptakan ruang publik yang aman.

"Kami berharap hal ini dapat menginspirasi para pelaku usaha lain sebagai bentuk upaya bersama menciptakan ruang publik yang aman, ramah untuk perempuan dan anak," tambah Indra Gunawan.

Sementara itu, Head of Global Transport Marketing Gojek, Amanda Parikesit menjelaskan, pusat edukasi dan bantuan diluncurkan dalam format halaman web sebagai sarana edukasi publik yang komprehensif terkait kekerasan seksual, dikembangkan dari modul Tips Pintar yang terdapat pada aplikasi mitra driver.  Materi edukasi dikemas dengan ringan, misalnya, untuk mempermudah publik mengidentifikasi jenis kekerasan seksual dan bagaimana cara meresponnya, Gojek mengenalkan S.I.U.L. dan B.A.N.T.U.

S.I.U.L. adalah jenis-jenis kekerasan seksual yang harus dihindari, yang meliputi; S - Sebar konten intim yang tidak diinginkan, I - Intimidasi atau menggoda dalam bentuk apapun, termasuk dalam bentuk tulisan, U - Ucapan/komentar atas tubuh, termasuk bersiul, L - meLakukan kontak fisik yang tidak diinginkan.

Sedangkan B.A.N.T.U. adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan saat melihat kekerasan seksual: B - Berani tegur pelaku, tapi ingat pastikan keamanan Anda dan korban. Tegur secara tegas, jelas, dan cepat. A - Alihkan perhatian, Anda bisa pura-pura kenal dengan korban untuk membuat pelaku mengira bahwa korban tidak sendirian. N - Ngajak orang lain untuk membantu. Anda bisa ajak orang lain yang ada di sekitar Anda atau cari pihak berwajib yang bisa Anda ajak untuk membantu korban. T - Tunggu situasi aman. Pastikan korban aman dan tanyakan bantuan apa yang korban butuhkan. U - Usahakan merekam kejadian tapi jangan unggah ke media sosial. Tanyakan persetujuan korban untuk menggunakan rekaman kita sebagai bukti untuk melapor kepada pihak yang berwajib.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved