Berita Bisnis

Peringgati Hari Perempuan Internasional, Gojek Perkuat Komitmen Ciptakan Ruang Publik Aman

Gojek, penyedia layanan on-demand terdepan di Indonesia, terus memperkuat posisinya sebagai pilihan utama masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Perempuan pengguna aplikasi Gojek saat menunggu jemputan mitra Gocar di tempat keramaian di Royal Plaza Surabaya, tepatnya di Halte milik Gojek. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gojek, penyedia layanan on-demand terdepan di Indonesia, terus memperkuat posisinya sebagai pilihan utama masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk mengakses ruang publik melalui layanan transportasi.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Gojek secara konsisten mengambil peran untuk turut berkontribusi menciptakan ruang publik yang aman.

Bertepatan dengan momentum Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap Maret, Gojek menggaungkan kembali kampanye #AmanBersamaGojek sebagai komitmen hadirkan ruang publik yang aman, termasuk aman dari kekerasan seksual.

Berdasarkan Survei Pelecehan Seksual di Ruang Publik Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia oleh Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA) yang dilakukan pada 2022 dan melibatkan 4.236 responden, didapati fakta bahwa 78,89% responden perempuan pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik dan lebih dari setengahnya mengalami pelecehan seksual di jalanan umum atau taman.

Baca juga: Masih Jadi Andalan Konsumen Saat Musim Hujan, Gojek Bekali Mitra Jatim & Bali Dengan Jas Hujan

Di samping itu, di tengah meningkatnya aktivitas online atau daring akibat pembatasan kegiatan selama pandemi, fenomena kekerasan seksual secara online turut menjadi perhatian, di mana mayoritas terjadi pada aplikasi media sosial dan aplikasi pesan instan (chat).

Amanda Parikesit, Head of Global Transport Marketing Gojek mengatakan, permasalahan yang mengemuka dari temuan survei KRPA terkait kekerasan seksual memerlukan tindak lanjut dari berbagai pihak untuk bisa saling berkolaborasi menghadirkan solusi terbaik.

"Adapun salah satu langkah konkret Gojek dalam sadar akan hal tersebut adalah inisiatif #AmanBersamaGojek, yang bertujuan untuk menciptakan ruang publik yang aman dengan berfokus pada tiga pilar utama: Edukasi, Teknologi dan Proteksi," ujar Amanda, Jumat (11/3/22).

Baca juga: Gojek Panen Untung di Sektor Logistik, GoSend Meningkat 116 Persen hingga Order Naik 70 Persen

Kata dia, sejak 2019 sendiri, Gojek secara konsisten telah menggandeng berbagai pihak yang memiliki visi yang sama untuk dapat bersama-sama memberikan dampak yang bermakna dalam menciptakan ruang publik yang aman bagi masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, Amanda turut menggarisbawahi pentingnya konsistensi dalam upaya bersama menciptakan ruang publik yang aman.

“Pilar pertama Gojek dalam menciptakan ruang publik yang aman adalah Edukasi kepada masyarakat luas terkait pentingnya upaya bersama dalam menciptakan budaya aman," sambung dia.

Amanda menambahkan pilar selanjutnya adalah Teknologi. “Dimana kami terus mengembangkan dan menghadirkan teknologi terkini untuk mendukung keamanan masyarakat, terutama bagi konsumen dan mitra di dalam ekosistem kami.  Beberapa inovasi teknologi yang telah diluncurkan, seperti verifikasi muka dan identitas driver, penyamaran nomor telepon, fitur bagikan perjalanan, serta tombol darurat yang terhubung dengan Tim Unit Darurat Gojek," imbuhnya.

Sementara itu, pilar ketiga adalah Proteksi untuk memberikan perlindungan yang semakin komprehensif lewat standar layanan unit darurat Gojek yang berperspektif korban, asuransi di setiap perjalanan, serta aturan penggunaan layanan yang ketat dan tidak mentoleransi berbagai bentuk kekerasan seksual.

Tak hanya itu saja, bahkan, masih kata Amanda, sebagai langkah memperkuat upaya menciptakan ruang publik yang aman, pada tahun ini pun, terbaru, Gojek juga fokus pada tiga hal, diantaranya:

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved