Berita Tuban

Deklarasi Dukung Gus Muhaimin di Tuban Tuai Protes, Seret Paguyuban Tongklek Bikin Pengurus Meradang

Deklarasi dukung Gus Muhaimin maju Pilpres 2024 di Tuban menuai protes, seret Paguyuban Tongklek yang buat pengurus meradang.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Sudarsono
Komunitas tongklek di Tuban menggelar deklarasi mendukung Muhaimin Iskandar maju Pilpres 2024, di Taman Sleko, Jalan Pahlawan, Tuban, Minggu (13/3/2022).  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Deklarasi mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar maju Pilpres 2024 yang dilakukan komunitas tongklek di Tuban, bertempat di Taman Sleko Jalan Pahlawan, Tuban, Minggu (13/3/2022) menuai protes.

Paguyuban Seni Tongklek Tuban keberatan dengan acara deklarasi tersebut, dikarenakan ada pihak yang mengatasnamakan paguyuban untuk mendukung calon tertentu di Pilpres 2024.

Pihak yang mengklaim sebagai Ketua Paguyuban Seni Tongklek itu juga tidak dikenal oleh pengurus.

"Saya tidak kenal koordinator lapangan deklarasi, Eko Adin Purnomo, yang katanya juga sebagai Ketua Paguyuban Seni Tongklek Tuban. Ketuanya ya saya sendiri," kata Ketua Paguyuban Seni Tongklek Kabupaten Tuban, Tahar kepada Tribun Jatim Network, Senin (14/3/2022).

Ia menjelaskan, paguyuban yang dipimpin lengkap terdapat pengurusnya dan tidak mengenal Eko.

Seharusnya kalau mau buat dukungan, dia bisa mengatasnamakan grupnya sendiri, sehingga tidak menjadi kegaduhan.

Yang menjadi masalah karena mengatasnamakan komunitas tongklek Tuban dan mengaku sebagai Ketua Paguyuban Seni Tongklek Tuban.

"Kami atas nama Paguyuban Seni Tongklek Tuban tidak ada sangkut pautnya dengan politik praktis, atau mendukung bakal calon presiden," tegas Tahar.

Sebelumnya, dukungan kepada Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 datang dari kelompok yang mengatasnamakan komunitas tongklek di Tuban, Jawa Timur.

Komunitas tersebut menggelar deklarasi mendukung Muhaimin Iskandar di Taman Sleko, Jalan Pahlawan, Tuban, Minggu (13/3/2022). 

Koordinator lapangan deklarasi, Eko Adin Purnomo mengatakan, Gus Muhaimin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, merupakan sosok yang sangat memikirkan arah pertumbuhan kebudayaan lokal daerah.

Keponakan Gus Dur dinilai sebagai sosok yang selalu konsisten dalam membuat gerakan "Nguri-uri" budaya tradisional. 

Hal itu yang melatarbelakangi komunitas seni tongklek untuk menggelar kirab rakyat musik tradisonal, sebagai wujud dukungan kepada Gus Muhaimin.

"Gus Muhaimin konsisten nguri-uri (melestarikan) budaya tradisional. Itu jadi motivasi kita untuk memberikan dukungan maju Pilpres 2024," ujar pria yang juga mengaku sebagai Ketua Paguyuban Seni Tongklek Tuban itu.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved