Berita Tuban

Buntut PHK Delapan Pekerja, Ratusan Buruh Demo PT Semen Indonesia dan Disnaker Tuban

Buntut PHK delapan pekerja, ratusan buruh menggelar demo di PT Semen Indonesia dan Disnaker Tuban. Ada tiga poin tuntutan.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Sudarsono
Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang Tuban melakukan demo di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tuban, Selasa (15/3/2022).  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang Tuban melakukan demo, Selasa (15/3/2022). 

Massa menggeruduk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang berada di Kecamatan Kerek, Tuban.

Kemudian mereka bertolak ke Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tuban

Aksi buruh itupun mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. 

Ketua FSPMI Konsulat Cabang Tuban, Duraji mengatakan, unjuk rasa merupakan wujud kekecewaan buruh terhadap PT Semen Indonesia

Sebab, ada delapan pekerja yang diputus hubungan kerja (PHK) oleh vendor-vendor yang bermitra dengan PT Semen Indonesia.

"Delapan pekerja itu ada di beberapa PT dan sudah sekitar satu bulan ini tidak bekerja karena dipecat," ujarnya di sela-sela aksi. 

Ia menjelaskan, selain delapan yang di-PHK, ada 10 pekerja yang statusnya diturunkan, semula dari pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) menjadi pekerja harian lepas. 

Terlebih jaminan sosial (Jamsos) seperti BPJS dicabut oleh vendor-vendor yang bermitra dengan perusahaan pelat merah tersebut. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved