Berita Kediri

Banyak Warga Berburu Ikan Mabuk di Sungai, Petugas Gabungan Kota Kediri Gunakan Perahu untuk Patroli

Petugas gabungan Pemkot Kediri melakukan pengamanan keramaian masyarakat yang bergerombol di sepanjang Sungai Brantas Kota Kediri.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Personel BPBD melakukan patroli dengan perahu di Sungai Brantas, Kota Kediri. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Petugas gabungan Pemkot Kediri melakukan pengamanan keramaian masyarakat yang bergerombol di sepanjang Sungai Brantas Kota Kediri.

Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dari adanya Pladu atau digelontorkan air dari Bendungan Karangkates, Kabupaten Malang di Sungai Brantas.

Akibat Pladu membuat ikan habitat Sungai Brantas banyak yang mabuk dan mengambang di permukaan sehingga banyak masyarakat yang mencari ikan di pinggiran sungai.

Meluapnya air Sungai Brantas di Kota Kediri mencapai puncaknya pada Selasa (22/3/2022) petang. Namun hingga Rabu (23/3/2022) pagi masih banyak masyarakat yang beraktivitas di Sungai Brantas untuk menjala ikan.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan personel BPBD Kota Kediri melakukan patroli di sepanjang bantaran Sungai Brantas.

Baca juga: Kerap Transaksi Barang Haram di Pinggir Jalan, Pria Asal Gampengrejo Kediri Dibekuk Polisi

Malahan petugas juga mengerahkan sebuah parahu untuk melakukan patroli di sejumlah titik keramaian masyarakat yang mencari ikan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh menjelaskan bersama petugas Satpol PP dan Damkar Kota Kediri melakukan penyusuran sungai Brantas sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat.

“BPBD bersama dengan Satpol PP dan Damkar melakukan penyusuran sungai untuk memastikan keadaan dan keamanan warga. Kami juga berikan edukasi supaya lebih berhati-hati mencari ikan saat Pladu,” jelasnya.

Petugas tidak melarang kegiatan masyarakat yang mencari ikan, namun karena debit air sungai yang cukup tinggi dan arus sungai yang cukup deras, tanah sedimen di sekitar bibir bantaran sungai jadi lembek. Masyarakat harus berhati-hati supaya terperosok dan membahayakan keselamatannya.

Baca juga: Pencuri HP Milik Ustadz di Sampang Bawa Jimat Pemberian Orangtua saat Beraksi, Ungkap Kegunaannya

Indun mengatakan pemantauan terus berlangsung dan tim siaga untuk memantau dan melakukan pengamanan di Sungai Brantas

Beberapa tempat yang menjadi favorit untuk mencari ikan saat terjadinya Pladu di sekitar Jembatan Lama dan Jembatan Brawijaya, Kota Kediri hingga di Kelurahan Semampir.

Kepala Satpol PP Kota Kediri, Eko Lukmono Hadi menambahkan, personelnya siaga bersama dengan petugas Damkar serta memberi edukasi kepada masyarakat  tetap berhati-hati.

Baca juga: Manfaatkan Limbah Sungai, Ibu 62 Tahun di Kediri Ciptakan Peluang Kerja untuk Masyarakat Sekitar

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved