Berita Jatim

PWNU Jatim Bakal Segera Berikan Rambu Kriteria Pemimpin Terbaik untuk 2024, Dinilai Visioner

Gelaran Pemilu 2024 memang masih akan berlangsung dua tahun lagi. Namun, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) bakal segera

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
istimewa
Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gelaran Pemilu 2024 memang masih akan berlangsung dua tahun lagi. Namun, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) bakal segera memberikan rambu terkait kriteria sosok pemimpin terbaik.

Ini bakal menjadi diantara pembahasan dalam rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama di Tuban, Rabu (30/3/2022) besok. Hasil pembahasan ini akan menjadi acuan pilihan bersama warga NU di 2024.

Pengamat politik yang juga Dekan Fisib Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam berpendapat hal tersebut merupakan langkah strategis-visioner PWNU Jatim. Pasalnya, sebagai organisasi terbesar, NU penting untuk terus mengawal kepentingan jami'iyyah dan umat.

"Karena terkait momentum penting di 2024. Dan ada kepentingan jamiyyah dan juga umat yang harus dikawal, dibicarakan bersama, di jelaskan, diberikan pencerahan dan juga diperjuangkan menuju 2024," kata Surokim, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Santriwati di Madura Kaget, Mendadak Ada Orang Asing di Kolong Meja Ponpes saat Malam, Polisi Gercep

Menurut Surokim, ikhtiar PWNU demikian sangatlah bagus. Apalagi, dengan menghasilkan rambu-rambu operasional untuk dijadikan pedoman dan rujukan jami'iyah ditengah gempuran politik praktis di 2024 nantinya.

Literasi politik berbasis pendapat ulama memang sudah biasa di NU. Lewat forum rapat pleno dan musyawarah alim ulama itu, Surokim mengatakan bisa juga sebagai ikhtiar NU Jatim semakin memperkuat peran literasi politik kebangsaan.

"Menjadi salah satu pertimbangan dan juga rujukan umat, khususnya bagi pemilih nahdliyin di jatim," tambah peneliti senior SSC tersebut.

Sebelumnya diberitakan, PWNU Jatim bakal menggelar rapat Pleno dan Musyawarah Alim Ulama, Rabu (30/3/2022).

Dalam kegiatan yang akan berlangsung di Pondok Pesantren Sunan Bejagung, Semanding Tuban ini bakal membahas sejumlah persoalan.

Diantaranya, pembahasan terkait kriteria sosok pemimpin terbaik untuk acuan pilihan bersama warga NU di 2024. Yakni, ajang pesta demokrasi mulai Pilpres, pemilihan wakil rakyat di DPR dan DPRD serta DPD RI.

Dalam Forum Musyawarah Alim Ulama tersebut, dijadwalkan bakal hadir para ulama dan kiai pesantren.

Wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur, dalam keterangannya mengatakan, para kiai pesantren mempunyai komitmen terhadap persoalan bangsa dan negara, utamanya dalam koridor politik kebangsaan.

"Nah, meskipun hajatan demokrasi baru pada 2024 tapi kami perlu memberikan panduan kepada umat," katanya, Senin (28/3/2022).

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved