Berita Kediri

Layanan Surga Tampung Ribuan Aduan Masyarakat Kota Kediri pada 2021, Didominasi Laporan Soal Ini

Pemkot Kediri membuktikan transparansi dengan menangani ribuan pengaduan dari masyarakat Kota Kediri lewat empat saluran resmi pengaduan.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Apip Permana, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri mengomentari layanan pengaduan masyarakat 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pemkot Kediri membuktikan transparansi dengan menangani ribuan pengaduan dari masyarakat Kota Kediri lewat empat saluran resmi pengaduan.

Pengaduan disampaikan masyarakat melalui layanan Suara Warga (Surga) berupa tautan surga.kedirikota.go.id dan SMS ke nomor 1708. 

Selain itu, sejak awal masa pandemi Covid-19 di Kota Kediri, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan saluran pengaduan tambahan melalui call center Covid-19 di nomor (0354) 2894000 dan Whatsapp di nomor 08113787119.

Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Apip Permana mengatakan, pada 2021 Pemkot Kediri berhasil menindaklanjuti ribuan aduan dari berbagai saluran resmi yang disiapkan.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi periode 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021 berhasil menangani 1.114 aduan melalui website Surga dan SMS sebanyak 11 aduan,” ungkap Apip Permana, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Ditolak Warga, Pembacok 10 Orang di Kediri Sementara Menginap di Shelter Dinsos, Dijaga Ketat 24 Jam

Mengenai selisih yang terpaut jauh antara layanan aduan melalui website dan SMS, karena saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai beralih ke layanan yang terintegrasi ke internet.

“Di era revolusi industri 4.0 ini, banyak masyarakat kita yang sudah melek teknologi karena dinilai lebih praktis dan murah. Namun kami sediakan layanan SMS untuk menjangkau masyarakat yang mungkin masih belum familiar dengan teknologi internet,” jelasnya.

Untuk aduan melalui layanan Surga didominasi permintaan layanan warga pada OPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 490 aduan, diikuti dengan Dinas Kominfo 247 aduan, Dinas Kesehatan 95 aduan, Dinas Sosial 64 aduan dan Satpol PP 35 aduan.

“Puncak aduan melalui Surga ada pada bulan Juni, yakni sebanyak 189 aduan. Hal ini dikarenakan merebaknya Covid varian delta,” ungkapnya.

Baca juga: Jembatan Balun yang Ambles Mulai Dibongkar Sejak Semalam, Kapolres Lamongan Imbau Soal Ini

Sedangkan untuk layanan Call Center Covid-19 sejak awal Covid-19 sampai dengan 9 November 2021 sebanyak 5.962 aduan. 

“Mayoritas masyarakat banyak memanfaatkan jalur WhatsApp untuk melakukan pengaduan sebesar 86 persen dibandingkan melalui hotline (0354) 2894000,” ujarnya.

Sementara untuk pertanyaan melalui call center Covid-19 Kota Kediri, didominasi dengan layanan permintaan ambulans, perkembangan peraturan PPKM Mikro, dan layanan vaksinasi.

“Alhamdulillah, semua aspirasi masyarakat Kota Kediri dapat tertampung dan terselesaikan dengan baik, meskipun aduannya merupakan kewenangan pemerintah propinsi dan pusat. Layanan aduan Surga telah terintegrasi satu arah dengan aplikasi LAPOR dan proses pengajuan juga terintegrasi dua arah,” jelasnya.

Baca juga: Gelar Razia Sasar Kawasan Waduk Siman Kediri, Polisi Sita Puluhan Motor Berknalpot Brong

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved