Berita Jember

Dinilai Minim Sosialisasi, Perubahan Arus Lalu Lintas Bikin Pengendara di Jember Kebingungan

Hari pertama perubahan arus lalu lintas, rupanya membuat sejumlah pengendara kebingungan, bahkan salah arus. Seperti terlihat di Jalan Diponegoro, Jem

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/SRI WAHYUNIK
Suasana perubahan arus lalu lintas di Jalan Diponegoro Jember, Rabu (30/3/2022). Masih ada sejumlah pengendara keliru arah karena tidak mengetahui adanya perubahan arus lalin di jalan tersebut. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Hari pertama perubahan arus lalu lintas, rupanya membuat sejumlah pengendara kebingungan, bahkan salah arus. Seperti terlihat di Jalan Diponegoro, Jember, Rabu (30/3/2022).

Dari pantauan Tribun Jatim Network sekitar pukul 14.30 Wib di Simpang Tiga Semar yang menghubungkan Jalan Trunojoyo dan Jalan Diponegoro, tidak terlihat adanya petugas di kawasan tersebut. Arus lalu lintas terlihat padat lancar di Jalan Trunojoyo.

Sebuah poster petunjuk arah terlihat dipasang di pertigaan tersebut. Petunjuk mengarahkan, jika pengendara bisa belok kanan ke Jalan Diponegoro dari Jalan Trunojoyo. Belok kanan atau ke arah utara.

Namun dari arah utara Jalan Diponegoro, tidak sedikit pengendara yang melaju, terutama pengendara sepeda motor. Artinya mereka melawan arus.

Namun dari wajah dan cara mereka mengendarai sepeda motor, mereka tidak paham kalau arus lalu lintas di jalan tersebut sudah diubah kembali, bukan dari utara ke selatan, namun dari selatan ke utara.

Baca juga: Ibu di Jember yang Lempar Bayi ke Sumur Tertunduk Menyesal, Sebut Diejek Keluarga Suami Soal ASI

Beberapa pengendara, terlihat percaya diri melaju di jalur tengah. Namun mereka kebingungan ketika tiba di pertigaan Jalan Diponegoro dan Trunojoyo, karena beberapa mobil melaju dari arah depan mereka.

"Lho, berubah lagi," celetuk seorang pengendara sepeda motor. Seorang pengendara sepeda motor yang membonceng setumpuk kotak plastik sampai harus berzig-zag menghindari kendaraan dari arah depannya.

Seorang pengendara yang mengaku dari Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang mengaku tidak mengetahui perubahan arus lalu lintas di jalan tersebut.

"Begini kalau tanpa perencanaan, banyak orang bingung. Nggak tahu ada sosialisasi, tiba-tiba diubah saja," ujar laki-laki itu.

Sementara itu, Dinas Perhubungan juga Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Jember mulai menyebar peta perubahan arus lalu lintas itu pada Selasa (29/3/2022), melalui sejumlah aplikasi grup percakapan, juga media sosial.

Namun rupanya sosialisasi itu tidak terjangkau oleh semua kalangan di Jember, sehingga masih saja ada orang yang keliru arah.

Sekretaris Dinas Perhubungan Jember Gatot Triyono menuturkan, pihaknya akan terus mengevaluasi uji coba perubahan arus lalu lintas tersebut.

Baca juga: 9 Ruas Jalan di Nganjuk Akan Alami Perubahan Arus Lalu Lintas, Ada Jalan A Yani hingga Kartini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved