Berita Jember

Sempat Jadi Misteri, Sosok Ayah Biologis dari Bayi yang Dibuang di Jember Terungkap

Polisi akhirnya bisa mengungkap kasus pembuangan bayi di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru yang terjadi 21 Maret lalu. Pembuang bayi merupakan

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
Tribunnews.com
Ilustrasi bayi dibuang di Jember 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Polisi akhirnya bisa mengungkap kasus pembuangan bayi di Desa Rowotengah Kecamatan Sumberbaru yang terjadi 21 Maret lalu. Pembuang bayi merupakan ibu kandung bayi tersebut. Dia masih seorang remaja berusia 18 tahun, yang kini masih duduk di bangku kelas 3 SMK.

Kapolsek Sumberbaru AKP Facthur Rahman mengakui telah menangkap pelaku pembuangan bayi perempuan itu. "Dia ibu kandung dari bayi itu. Namun dia masih pelajar, meski bukan lagi berusia anak, sudah berusia 18 tahun lebih," ujar Facthur, Kamis (31/3/2022).

Dia menceritakan, pihaknya berhasil mengungkap kasus itu dari penyelidikan selama 10 hari. Pihaknya melacak dari jejak di lokasi penemuan bayi, juga menggali info perihal ibu hamil di Desa Rowotengah, dan sekitarnya.

Baca juga: Terjawab Penyebab Ibu di Jember Tega Lempar Bayinya ke Sumur: Merasa Jadi Istri Tak Sempurna

Sebenarnya kehamilan remaja berinisial C itu tidak diketahui oleh warga sekitar, bahkan oleh orang tuanya sendiri. C melahirkan seorang diri di kamar mandi rumahnya. Tidak ada yang menolong saat dia melahirkan.

Kehamilan C juga tidak diketahui. "Karena kalau sekolah juga kerap ditutupi memakai seragam. Tubuh remaja itu juga kecil," Fachtur.

Namun kecurigaan warga terhadap C terjadi, karena ada perubahan bentuk tubuh. Polisi pun memeriksa C. Dia pun mengakui perbuatannya.

Dia mengaku setelah melahirkan seorang diri di kamar mandi, lantas membuang bayinya di pekarangan dekat rumah seorang dukun. Dia berharap, ada orang yang menemukan bayi itu, dan merawatnya.

Bayi memang ditemukan warga. Kondisinya masih hidup, meskipun mengenaskan. Bayi lantas dirawat di RSD dr Soebandi Jember. Kondisi bayi perempuan itu kini sehat.

Terkait pelaku pembuangan bayi itu, polisi akhirnya menangkap C. Polisi juga menangkap pacar C, seorang pegawai sebuah perusahaan di Jember. Kasus tersebut akan dilimpahkan ke Unit PPA Satreskrim Polres Jember.

Dan karena orang tua bayi ditemukan, setelah berunding dengan Dinas Sosial, bayi itu akan dikembalikan ke keluarga orang tua bayi.

Kumpulan berita Jember terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved