Berita Batu

Kota Batu Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Sambut Liburan Lebaran, Bakal Berlakukan Sistem Buka Tutup

Arus lalu lintas di Kota Batu akan direkayasa untuk mengantisipasi macet pada masa liburan dan mudik tahun ini. Kanit Turjawali Satlantas Polres Batu

Penulis: Benni Indo | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Benni Indo
Kepadatan kendaraan di kawasan Jl Ir Soekarno, Kota Batu, depan Jatim Park 3 pada akhir pekan. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Arus lalu lintas di Kota Batu akan direkayasa untuk mengantisipasi macet pada masa liburan dan mudik tahun ini. Kanit Turjawali Satlantas Polres Batu, Ipda M Huda menuturkan, sistem buka tutup jalan kemungkinan besar diberlakukan saat libur Lebaran nanti.

Pihaknya juga memetakan titik-titik yang berpotensi memicu kepadatan arus. Salah satu di ruas Jalan Ir Sukarno. Wilayah tersebut merupakan jalan utama yang menjadi akses masuknya wisatawan menuju Kota Batu.

Pos penjagaan akan didirikan di sejumlah titik. Pos-pos itu dibagikan sesuai fungsinya meliputi pos pelayanan, pos pengamanan hingga pos pantau.

Baca juga: Undang Ulama, Kiai dan Habaib, Gus Ipul Imbau Warga Saling Menghormati di Bulan Suci Ramadan

Ia mengatakan, Pos PAM tersebar di lima titik yakni simpang tiga Pendem, Pos Garuda, Sumber Brantas, Dewi Sartika, Pesanggrahan dan Pos Kambal yang berada di Ngantang, Kabupaten Malang.

"Lalu Pos Pantau akan didirikan di lima titik juga. Di antara pos pantau Selecta, Santera Pujon, Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Baloga," ujar Huda.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Imam Suryono mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan dinas terkait. Hal itu dibutuhkan dalam upaya rekayasa lalu lintas saat musim lebaran nanti.

“Untuk one way dan rekayasa lalu lintas akan terus diterapkan. Mengingat Kota Batu membutuhkan hal itu,” kata Imam.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan anggota Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Batu tengah enggodok skema rekayasa lalu lintas itu. Perihal itu koordinasi itu melibatkan Dishub, Satlantas Polres Batu dan Satpol PP .

Ia mengatakan, potensi macet sangat tinggi jelang liburan Lebaran tahun ini. Rekayasa diperlukan agar mobilitas kendaraan tidak membuat pengendara stres di jalan.

"Pastinya berpotensi macet. Jangankan Lebaran, libur 2-3 hari aja macetnya minta ampun. Yang jadi perhatian, yakni simpang tiga Pendem dan Bendo, kawasan alun-alun, Jalan Suropati area Taman Makam Pahlawan. Lokasi-lokasi itu titik krusial," kata Dewanti. (Benni Indo)

Kumpulan berita Batu terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved