Berita Surabaya

Surabaya Geger, Aksi Gangster Hendak Tawuran hingga Serang Pedagang Sate, Begini Penjelasan Polisi

Video yang merekam aksi sekelompok remaja terlibat tawuran, viral di media sosial, sejak Senin (4/4/2022) pagi. Momen berdurasi tidak lebih dari 30 de

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Tangkapan layar video viral aksi dugaan tawuran remaja hingga berujung pada penyerangan warga yang berjualan sate 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Video yang merekam aksi sekelompok remaja terlibat tawuran, viral di media sosial, sejak Senin (4/4/2022) pagi. 

Momen berdurasi tidak lebih dari 30 detik itu, pertama kali diunggah sebuah akun Instagram (IG) @suroboyokerras.

Video tersebut mengabadikan momen, beberapa orang remaja yang tampak berlarian di tengah jalan pada malam hari. 

Tayangan video tersebut tak begitu jelas. Jika diperhatikan, sepanjang durasi tayangan video itu, tampak bergoyang-goyang.

Kendati begitu, video tersebut sepintas berhasil menangkap momen beberapa orang remaja berpakaian dan bertopi warna hitam yang berlarian menuju ke kerumunan pedagang sate yang sibuk mengipas-ngipasi deretan tusuk daging sate. 

Setibanya di belakang pedagang sate tersebut, para remaja itu seperti memperlihatkan aksi kekerasan dengan menyebetkan sebuah benda berukuran panjang ke arah seorang pria dan wanita berkerudung yang berdiri di belakang gerobak satenya. 

Belum diketahui benda macam apa sengaja digunakan sebagai senjata oleh para remaja itu. Termasuk kondisi dari orang-orang yang menjadi sasaran sabetan senjata tersebut. 

Baca juga: Sekelompok Ramaja di Tuban Tawuran Sarung, Ada yang Luka hingga Pingsan, Polisi Ungkap Faktor Pemicu

"Gangster maneh. Kejadian nang Simo. #suroboyokerras," tulis akun @suroboyokerras narasi unggahan tersebut yang telah dilihat 2.272 kali, dan menuai 68 komentar. 

Sepanjang video tersebut, terdapat beberapa kali tampilan tulisan sebagai keterangan untuk menjelaskan momen kejadian tersebut. 

"Lagek turu sedino. Tak pikir wes aman. Iki nak Simo. Bakul sate diparang, kemungkinan gak kenek. Pie iki sasarane uwong gk ero opp2. Piye jek iso ngomong pahlawan kesiangan?."

Artinya, kurang lebih sebagai berikut: baru tidur sehari. Saya kira sudah aman. Iki kejadian di Simo. Pedagang Sate diparang, kemungkinan tidak terkena. Bagaimana ini sasarannya orang yang tidak tahu apa-apa. Jangan bilang pahlawan kesiangan. 

Baca juga: Detik--detik Tawuran 3 Gengster di Surabaya, Polisi Langsung Gercep, Para Pelaku Masih Bocah Ingusan

Kapolsek Sawahan Polrestabes Surabaya Kompol Risky Fardian mengatakan, pihaknya sudah memperoleh dan sedang melakukan penyelidikannya atas dugaan tawuran yang diabadikan dalam video tersebut. 

Sementara ini, ia menduga video tersebut hanya sebuah konten aksi yang sengaja dibuat seakan-akan seperti menunjukkan adanya aksi tawuran yang sesungguhnya. 

Pasalnya, jikalau memang aksi penyerangan terhadap dua orang pedagang dalam video tersebut, adalah sungguhan. Seharusnya, pihaknya atau Polrestabes Surabaya sudah menerima adanya laporan dari pihak korban.

"Jika itu tawuran beneran pasti ada yang melapor dan mungkin pedagang tersebut sudah luka-luka, mungkin itu konten yang sengaja di sebarkan," katanya saat dihubungi TribunJatim.com, Senin (4/4/2022). 

Kendati begitu, Risky mengaku, telah menerjunkan anggotanya untuk mengecek kebenaran insiden tersebut di sejumlah kawasan di wilayah hukumnya yang merujuk pada identifikasi kata; Simo, sesuai dengan petunjuk dalam postingan video viral tersebut. 

"Tapi, untuk lebih lengkapnya anggota masih turun ke lapangan," pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved