Berita Pasuruan

Tiga Desa di Kabupaten Pasuruan Ikuti Pelatihan Media Promosi Desa Wisata, Berikut Tujuannya

Tiga desa di Kabupaten Pasuruan mengikuti pelatihan media promosi desa wisata di Rumah Paprika, Dusun Tlogosari, Kecamatan Tutur beberapa waktu lalu.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/GALIH LINTARTIKA
suasana pelatihan media promosi desa wisata. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Tiga desa di Kabupaten Pasuruan mengikuti pelatihan media promosi desa wisata di Rumah Paprika, Dusun Tlogosari, Kecamatan Tutur beberapa waktu lalu.

Tiga kelompok desa yang mengikuti pelatihan yang digelar stapa center bersama Sampoerna untuk Indonesia itu adalah desa - desa yang sudah ada kelompok penggerak desa wisata.

Mereka adalah pokdarwis Argosari, Desa Tlogosari Kecamatan Tutur, Pokdarwis Kahoeripan Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol, dan pegiat wisata Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari. 

Ketiganya merupakan desa binaan stapa pada program pengembangan desa wisata di tahun 2022. Kemajuan teknologi dan kemudahan mendapatkan informasi menjadi peluang yang dimanfaatkan pegiat desa wisata.

Karena itu, kemampuan pengelolaan media promosi perlu dimiliki oleh para penggerak desa wisata agar produk yang akan ‘dijual’ dan potensi wisata yang terdapat di desa dapat diketahui oleh masyarakat secara luas.

Baca juga: Polisi Gelar Patroli Skala Besar di Bulan Ramadan, Antisipasi Aksi Balap Liar di Pasuruan

Beberapa materi dirancang dalam pelatihan ini. Targetnya, peserta paham dalam penguasaan media sosial sebagai sarana promosi dan kemampuan memproduksi konten promosi audio visual yang baik. 

Dengan dua kemampuan tersebut peserta diharapkan akan mampu memanfaatkan era digital informasi yang kini sangat berkembang.    

Jauharul Lutfi, perwakilan Stapa Center menyampaikan  betapa besarnya pengaruh pengelolaan media promosi dalam pengembangan desa wisata.

 “Pengelolaan Media promosi desa wisata akan  berpengaruh pada kesan pertama calon pengunjung. Media Promosi adalah salah satu alat bantu bagi calon pengunjung untuk mengetahui daya tarik destinasi dan juga rute dari sebuah desa wisata” katanya..

Evira, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan kali ini 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan peningkatan kapasitas SDM  seperti yang dilaksanakan hari ini. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan optimalisasi pengelolaan media promosi penting dilakukan," pungkasnya. 

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Pembangunan Jembatan Okabawes Pasuruan, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved