Berita Jatim

Liburan Idul Fitri, RSD Lapangan Bangkalan Tetap Siaga Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan (RSDLB) atau Rumah Isolasi OTG Provinsi Jawa Timur tetap beroperasi dan disiagakan, sewaktu-waktu dapat

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Febrianto Ramadani
Petugas Keamanan RSDLB Tengah Siap Siaga Sewaktu Waktu Kedatangan pasien Covid-19 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Febrianto Ramadani

TRIBUNJATIM.COM, MADURA - Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan (RSDLB) atau Rumah Isolasi OTG Provinsi Jawa Timur tetap beroperasi dan disiagakan, sewaktu-waktu dapat menerima pasien Covid-19.

Masyarakat yang menjumpai ataupun keluarganya mengalami gejala virus tersebut dan terkonfirmasi positif baik melalui swab antigen maupun swab PCR dapat langsung mengirimkannya ke RSDLB guna mendapatkan perawatan.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Nathania Djaja,Dokter Jaga RSDLB menegaskan, selama liburan idul Fitri tahun ini, tetap buka dan beroperasi sebagaimana biasa dan siap menerima pasien kapan saja, karena RSDLB buka 24 jam.

"Didukung oleh seluruh personil relawan baik nakes maupun non-nakes, layanan rumah sakit tetap berjalan normal dan dijamin berlangsung dengan baik dan optimal. Ini juga sebagai bentuk kesiapan menghadapi lebaran sekaligus antisipasi potensi lonjakan Covid 19 sesudahnya," ujarnya, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Lebaran Hari Kedua, Akses Masuk Jatim Lengang, Pemudik Diminta Vaksin Demi Cegah Covid-19 di Kampung

Sedang Radian Jadid, Ketua Pelaksana PPKPC-RSDLB menjelaskan, walaupun saat ini zero pasien, namun RSDL Bangkalan tetap disiagakan, termasuk kesiapan obat-obatan dan sarana prasana pendukung lainnya.

"Ini dimungkinkan karena belum ada jaminan pasca Idul Fitri nanti tidak terjadi lonjakan Kasus Covid 19," ucapnya.

“Kuncinya tetap pada kewaspadaan dan ketaatan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol Kesehatan 6M, tuntasnya vaksinasi hingga booster serta konsistensi stakeholder terkait dalam menjalankan 3T,"tegas Jadid.

Menurut Jadid, layanan bagi penderita Covid 19 dapat diakses melalui Call Center RSDLB di 081332434363. Sedangkan untuk informasi dan layanan yang terkait non-medis serta keluhan long-covid bagi para penyintas, relawan pendamping tetap menyediakannya melalu Kontak Relawan Pendamping di 088222303030.

"Dari data relawan PPKPC-RSDLB sejak dioperasikan Juli 2021, pasien yang dirawat sejumlah 916 orang dengan rincian 836 orang sembuh, 32 dirujuk, dan 48 orang melanjutkan isoman di rumah dan sembuh, serta angka kematian nol.Saat ini kapasitas tempat tidur yang tersedia sejumlah 336 bed, dan tingkat hunian masih kosong," pungkas Jadid.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved