Seluncuran Kenjeran Park Ambrol

50 Pedagang UMKM Terdampak Penutupan Waterpark Kenpark Surabaya, Khofifah Bagikan Sembako

Sekitar 50 pedagang UMKM terdampak dengan penutupan Waterpark Kenpark Surabaya setelah insiden ambrolnya seluncuran, Khofifah bagikan sembako.

Tribun Jatim Network/Bobby Constantine
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan sembako kepada pedagang yang biasa menjajakan makanan dan suvenir di sekitar Kenjeran Waterpark Surabaya, Minggu (8/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah pedagang yang biasa menjajakan makanan dan suvenir di sekitar Kenjeran Waterpark Surabaya ikut terimbas dengan kejadian ambrolnya seluncuran kolam renang di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya pada Sabtu (7/5/2022) kemarin.

Dagangan mereka sepi akibat wahana ini ditutup.

Saat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau ke lokasi, Minggu (8/5/2022), para pedagang pun menyampaikan keluhan ini. Tak lama, Khofifah Indar Parawansa pun memberikan jawaban sekaligus memberikan bantuan sembako.

Satu per satu pedagang mengantre. Secara bergiliran mereka mendapat sembako dari orang nomor 1 di Jawa Timur ini.

Salah satu pedagang pentol, Eko Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada Khofifah. Ia tak memungkiri bahwa ia bersama sekitar 50 pedagang lainnya menggantungkan nasib dengan berjualan di kawasan tersebut.

"Total, mungkin ada sekitar 50 pedagang yang berada di kawasan waterpark ini. Mulai jualan makanan, sampai suvenir," kata Eko kepada Tribun Jatim Network.

Ia mengaku telah berjualan sejak tahun 2014. Tak hanya dirinya, banyak warga asli di sekitar tempat ini yang ikut berjualan di Kenjeran Waterpark .

Apabila pada puncak liburan seperti di awal Lebaran tahun ini, pihaknya bisa mendapatkan Rp 300-500 ribu dalam sehari.

"Itu pendapatan kotor," kata pria yang biasa dipanggil Yudi Pentol ini.

Pada masa pandemi Covid-19, tempat permainan tutup. Mereka pun tak berjualan.

"Nah, baru akhir-akhir ini bisa kembali berjualan, tapi ternyata kembali harus tutup karena musibah ini," katanya.

Kenjeran Waterpark Surabaya memang saat ini ditutup setelah sebelumnya salah satu perosotan di tempat ini ambrol, Sabtu (7/5/2022). Untuk keperluan penyelidikan penyebab ambrolnya bangunan ini, pihak kepolisian telah menutup wahana ini sambil memasang police line.

Kini, Eko dan sekitar 50 pedagang yang biasa berjualan di tempat ini pun tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa menunggu sambil berharap wahana ini bisa kembali dibuka dan ramai.

"Kalau pun dibuka, manajemen sepertinya juga harus melakukan perbaikan sampai benar-benar aman dan masyarakat kembali percaya berwisata di tempat ini. Kalau tidak, masyarakat pasti juga tak nyaman," katanya.

Untuk saat ini, pihaknya juga tak bisa mengandalkan bantuan saja untuk keperluan sehari-hari.

"Kami siap untuk bekerja kalau ada dari pemerintah. Jadi, tak sekadar mendapatkan bantuan, tapi bisa lewat kerja," katanya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Berita lainnya seputar Seluncuran Kenjeran Park Surabaya Ambrol

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved