Berita Nganjuk

Hasil Kajian dan Usulan Warga, Dishub Buka Sebagian Sisi Timur Jalan A Yani Nganjuk untuk Parkir

Berdasarkan hasil kajian dan merespons usulan warga, Dishub membuka sebagian sisi timur Jalan A Yani Nganjuk untuk parkir kendaraan.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Achmad Amru Muiz
Parkir kendaraan sisi timur Jalan A Yani Nganjuk mulai difungsikan, berdasarkan hasil kajian dan masukan warga, Rabu (11/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Merespons keluhan warga, dan hasil kajian penerapan sistem jalur lalu lintas satu arah di Jalan A Yani Nganjuk, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Nganjuk membuka sebagian sisi timur Jalan A Yani Nganjuk menjadi tempat parkir kendaraan.

Sekretaris Dishub Kabupaten Nganjuk, Sujito mengatakan, penataan tempat parkir di sebagian sisi sebelah timur sepanjang Jalan A Yani Nganjuk dilakukan sejak sebelum Lebaran. Dengan demikian tempat parkir kendaraan tidak hanya di sisi sebelah barat saja.

"Hasil kajian dan sesuai aturan memang memungkinkan sisi timur Jalan A Yani untuk parkir kendaraan, sehingga ya langsung diterapkan," kata Sujito, Rabu (11/5/2022).

Dijelaskan Sujito, dari hasil kajian, dimungkinkannya parkir kendaraan sisi timur sepanjang Jalan A Yani, setelah volume kendaraan tidak terlalu tinggi. Dengan lebar jalan mencapai lebih 16 meter dinilai masih cukup luas untuk ditempatkan parkir sisi barat dan timur. Hanya saja, tidak semua sisi sebelah timur digunakan untuk tempat parkir kendaraan dengan pertimbangan luas jalan.

Khusus untuk truk, ungkap Sujito, hanya bertonase 3 ton hingga 7,5 ton saja yang dapat parkir di sepanjang Jalan A Yani, baik di sisi barat maupun sisi timur. Dan truk tersebut boleh parkir untuk bongkar muatan di jam-jam tertentu. Sedangkan untuk truk bertonase di atas 7,5 ton semuanya dilarang parkir dan masuk di Jalan A Yani Nganjuk.

"Tentunya apabila ada pelanggaran terkait kendaraan yang parkir di Jalan A Yani maka bisa dilakukan sanksi denda dan lainnya sesuai aturan yang ada," ucap Sujito.

Di samping itu, tambah Sujito, di sejumlah ruas jalan pendukung Jalan A Yani juga kembali dilakukan perubahan arah jalur. Yakni untuk Jalan Merdeka yang sebelumnya dilakukan satu arah, saat ini telah kembali difungsikan dua arah. Dan untuk Jalan Dermojoyo, Jalan Monginsidi, dan Jalan Teuku Umar dilakukan penerapan jalur satu arah khusus untuk roda empat ke atas, sedangkan roda dua tetap diperbolehkan dua arah.

Memang, diakui Sujito, dalam penerapan sistem jalur lalu lintas satu arah di Jalan A Yani Nganjuk akan selalu dilakukan pengkajian dan juga merespons masukan dari masyarakat. Dengan demikian, diharapkan penerapan sistem jalur satu arah di Jalan A Yani Nganjuk memberi dampak dan manfaat bagi masyarakat, dan tidak malah menyulitkan warga.

"Kami berharap masyarakat mematuhi jalur arah lalu lintas demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara di Nganjuk menjadi lebih baik," tutur Sujito.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved