Berita Nganjuk

DPRD Nganjuk Kritik Proses Pengurusan Izin Usaha di Nganjuk yang Butuh Waktu Lama

Rumitnya pengurusan izin usaha hingga membutuhkan waktu lama menuai kritikan DPRD Nganjuk.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
Tribun Jatim Network/Achmad Amru Muiz
Ketua DPRD Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, DPRD Nganjuk masih menunggu proses verifikasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Nganjuk yang terlibat kasus narkoba, Senin (4/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Rumitnya pengurusan izin usaha hingga membutuhkan waktu lama menuai kritikan dari DPRD Nganjuk.

Hal itu setelah munculnya persoalan salah satu pabrik yang mengeluhkan izin usaha belum juga selesai meski telah diurus sejak dua tahun terakhir.

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, pihaknya cukup heran dengan kondisi proses perizinan yang selalu ada persoalan di Kabupaten Nganjuk.

Padahal seharusnya dengan sudah adanya penataan proses perizinan dan juga telah dibukanya Mall pelayanan publik maka tidak ada lagi keluhan soal proses perizinan yang butuh waktu hingga tahunan itu.

"Makanya ini butuh keseriusan semuanya, dan komisi DPRD yang membidangi perizinan usaha akan kami minta telusuri penyebabnya," kata Tatit Heru Tjahjono, Minggu (22/5/2022).

Dijelaskan Tatit, sebenarnya dengan sudah dibukanya Mall Pelayanan Publik tersebut untuk pengurusan semacam izin usaha bisa lebih mudah. Karena di Mall Pelayanan Publik tersebut semuanya bisa diberikan pelayanan yang dibutuhkan warga.

Tapi kenyataanya meski sudah berproses di Mall Pelayanan Publik ternyata proses perizinan masih harus diurus ke setiap kantor OPD terkait perizinan di Pemkab Nganjuk.

"Dan itu artinya upaya untuk memangkas meja birokrasi dalam pengurusan perizinan kurang berjalan dengan baik. Itu sementara menurut kami sekarang ini," tandas Tatit.

Memang, diakui Tatit, sejak awal upaya yang dilakukan Kepala Daerah Kabupaten Nganjuk untuk dapat menarik investasi melalui kemudahan perizinan usaha dan pendirian pabrik.

Hal itu dilakukan dengan membuka dan mengoperasionalkan Mall Pelayanan Publik. Dimana apapun kebutuhan warga bisa dilayani di satu tempat yakni Mall Pelayanan Publik.

"Makanya, dengan kenyataan seperti sekarang ini kamipun berharap segera ada perbaikan," ucap Tatit Heru Tjahjono.

Sementara Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi sebelumnya mengatakan, Pemkab Nganjuk saat ini telah bisa memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat di Mall Pelayanan Publik.

Dengan demikian masyarakat tidak perlu kesana-kemari dari satu meja ke meja lain dalam melakukan suatu pengurusan di Pemkab Nganjuk.

"Artinya masyarakat cukup datang ke Mall Pelayanan Publik saja untuk melakukan pengurusan, seperi mengurus izin usaha dan lainnya. Hanya saja, saat ini pelayanannya masih terus berupaya ditingkatkan untuk dapat memberi pelayanna lebih maksimal," tutur Marhaen Djumadi

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved