Berita Trenggalek

Peragaan Busana Batik Canting Khas Trenggalek Ramaikan Acara Trenggalek Fashion Day

Peragaan busana batik canting khas Trenggalek hasil kreasi para perancang busana nasional meramaikan acara Trenggalek Fashion Day di Jakarta.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Humas Pemkab Trenggalek
Puncak gelaran Trenggalek Fashion Day di Museum Tekstil Jakarta diramaikan dengan catwalk para model yang mengenakan busana berbahan baku kain batik canting khas Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Puncak gelaran Trenggalek Fashion Day di Museum Tekstil Jakarta diramaikan dengan catwalk para model yang mengenakan busana berbahan baku kain batik canting khas Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini menjelaskan, busana yang dipamerkan merupakan hasil kreasi para perancang busana nasional.

Oleh para desainer, kain batik canting digubah menjadi pakaian trendi dan kekinian. Jauh dari kesan jadul (jaman dulu).

"Tidak berlebihan apabila saya katakan bahwasanya kain batik yang dilukis canting oleh tangan-tangan perempuan Trenggalek, memiliki nilai lebih, mulai dari sisi keindahan, warna hingga kualitas bahan kain yang digunakan," kata Novita.

Dalam ajang peragaan busana itu, Novita juga turut memamerkan busana berbahan batik khas Trenggalek hasil kreasi salah satu desainer ternama di Tanah Air.

Novita juga bersyukur, peragaan busana berbahan kain batik canting khas Trenggalek itu mendapat respons positif dari pengunjung.

"Alhamdulillah, sebagian besar masyarakat dan pengunjung mengaku merasakan atmosfer baru nan teduh, yang berbeda dengan event fashion show lain yang pernah mereka hadiri," sambungnya.

Pagelaran yang mengenalkan busana berbahan kain batik buatan para perempuan Trenggalek itu turut diapresiasi oleh Menteri Perempuan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau biasa dikenal Bintang Puspayoga.

"(Ini) Merupakan event akbar yang sangat penting bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan Trenggalek, pelaku UMKM," kata Bintang Puspayoga.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved