Berita Nganjuk

Yoga Prasegi Mendaur Ulang Limbah Logam Jadi Aksesori Motor, Marhaen Djumadi: Contoh Baik Nganjuk

Daur ulang limbah logam jadi dekorasi rumah hingga aksesori motor custom, Yoga Prasegi diharapkan jadi contoh kepeloporan di Nganjuk dan nasional.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Achmad Amru Muiz
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mendampingi tim penilaian Provinsi Jatim saat mengunjungi bengkel pembuatan aksesori berbahan baku limbah aluminium dan tembaga dalam program Pemuda Pelopor perwakilan Kabupaten Nganjuk, Selasa (24/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur melaksanakan penilaian lapangan (fact finding) pada finalis Pemuda Pelopor perwakilan Kabupaten Nganjuk, Yona Prasegi yang lolos ke tingkat Provinsi Jawa Timur di bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, Selasa (24/5/2022).

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada Yona Prasegi sebagai satu-satunya delegasi dari Nganjuk tahun 2022 yang lolos ke tingkat provinsi.

"Ini sebagai contoh baik untuk pemuda-pemudi Kabupaten Nganjuk. Terus kembangkan potensi apa saja yang ada di Nganjuk,” kata Marhaen Djumadi.

Sementara Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo berharap, tahun ini perwakilan Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk kembali menorehkan prestasinya di tingkat provinsi, bahkan nasional.

"Apabila tahun lalu dua wakil Nganjuk mampu menyabet juara 2 dan juara 3 nasional, tahun ini ditargetkan dapat juara 1 nasional," kata Gunawan Widagdo.

Sedangkan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Jatim, Sri Endah Nurhayati menjelaskan, poin utama yang menjadi penilaian sebagai Pemuda Pelopor di bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata adalah kepeloporan yang dilakukan oleh calon Pemuda Pelopor terhadap lingkungan sekitarnya.

"Di lingkungan kita banyak sekali hal yang dapat kita kerjakan, namun siapa yang mau bergerak untuk mempelopori dan melakukannya," terang Endah.

"Kepeloporan itu juga harus berdampak terhadap masyarakat di sekitarnya. Jadi kepeloporannya itu tidak hanya untuk dirinya dan sekelompok orang saja, tetapi untuk masyarakat banyak. Dan juga harus ada pemberdayaan kepada masyarakat tersebut, sehingga usahanya terus berkesinambungan,” jelasnya.

Karena itu, tambah Endah, pihaknya percaya jika Kabupaten Nganjuk memiliki banyak pemuda-pemudi yang berpotensi dalam kepeloporan. Di mana di Nganjuk banyak mutiara-mutiara yang masih terpendam dan menunggu untuk ditemukan.

"Dari kepeloporan mutiara yang terpendam itu tentunya akan melahirkan banyak tokoh dan penggerak. Untuk itu kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu menemukan potensi-potensi tersebut," tutur Endah.

Seperti diketahui, Yona Prasegi aktif dalam pembuatan kerajinan yang berasal dari daur ulang limbah berbahan logam, yakni alumunium, kuningan dan besi. Ia merupakan perwakilan Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk Tahun 2022 yang terpilih masuk ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dari limbah logam tersebut, Yona Prasegi dapat menghasilkan dekorasi rumah, aksesori motor custom dan hiasan dinding.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved