Berita Madura

Ada Batasan Usia, 52 Jemaah Haji Bangkalan Gagal Berangkat, Kemenag: Insya Allah Tahun Depan

Tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 22, rombongan 330 jemaah haji Kabupaten Bangkalan dipastikan bertolak dari Masjid Agung pukul 06.00 WIB menu

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/FEBRIANTO RAMADANI
ILUSTRASI - Sejumlah Jemaah Haji tengah mengikuti rangkaian manasik di Asrama Haji Embarkasi Surabaya 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 22, rombongan 330 jemaah haji Kabupaten Bangkalan dipastikan bertolak dari Masjid Agung pukul 06.00 WIB menuju Asrama Haji Surabaya pada 19 Juni 2022 mendatang.

Adapun 52 jemaah haji tahun ini gagal berangkat karena kebijakan batasan usia oleh Kerajaan Arab Saudi.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan, Wafir mengungkapkan alasan Kerajaan Arab Saudi tahun ini mengeluarkan kebijakan batasan usia maksimal 65 tahun bagi masyarakat muslim dunia yang berangkat melaksanakan ibadah haji.

“Batasan usia 65 tahun dari Arab Saudi itu bukan untuk untuk jemaah haji Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Karena cuaca di Arab Saudi diinformasikan sangat panas, juga karena faktor pandemic Covid-19 belum sepenuhnya berakhir,” ungkap Wafir kepada Surya (Tribun Jatim Network), (1/6/2022).

Ia berharap, kebijakan Arab Saudi tentang batasan usia maksimal 65 tahun untuk seluruh jamaah haji dunia tidak akan kembali diberlakukan pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendatang. Seperti halnya pelaksanaan umrah yang tidak menerapkan kebijakan batasan maksimal usia.

Baca juga: Kemenag Surabaya Ingatkan Jamaah Haji Soal Berat Barang dalam Koper, Berangkat Maksimal 15 Kilogram

Sejatinya, lanjut Wafir, sejumlah 52 orang yang gagal berangkat itu merupakan calon jemaah haji Kabupaten Bangkalan yang seharusnya berangkat pada tahun 2020 berdasarkan urutan porsi.

Namun kala itu, Kerajaan Arab Saudi menutup untuk sementara pelaksanaan ibadah haji karena pandemi Covid-19.  

“Slot kursi beliau-beliau tetap ada, insya Allah berangkat tahun depan apabila tidak ada lagi kebijakan pembatasan usia dari Kerajaan Arab Saudi,” harapnya.

Wafir menambahkan, sejauh ini seluruh persiapan termasuk persyaratan administratif sehubungan dengan keberangkatan 330 jemaah haji Kabupaten Bangkalan tahun ini telah 100 persen rampung.

“Untuk vaksin sudah mencapai 99 persen, cukup pemberian vaksin pertama dan kedua saja ditambah vaksin meningitis,” pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved