Berita Nganjuk

Dinkes Nganjuk Pasang Target Raih Penghargaan Swastisaba Wistara pada Tahun 2023

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk bertekad mewujudkan Kabupaten Sehat Swastisaba Wistara pada tahun 2023. Hal itu dilakukan dalam upaya kemba

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Nganjuk, Christiana Firmaningtyas. 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk bertekad mewujudkan Kabupaten Sehat Swastisaba Wistara pada tahun 2023. Hal itu dilakukan dalam upaya kembali meraih penghargaan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Nganjuk, Christiana Firmaningtyas menjelaskan, untuk mewujudkan itu semua diperlukan komitmen dan sinergi bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Pemkab Nganjuk.

Dikatakan Christiana Firmaningtyas, keberhasilan Kabupaten Nganjuk dalam meraih penghargaan tingkat nasional tersebut terjadi pada tahun 2017 dengan berhasil meraih predikat Swastisaba Padapda. Dan pada tahun 2019 berhasil meraih predikat Swastisaba Wiwerda.

"Atas capaian tersebut, kami optimis Kabupaten Nganjuk dapat meraih predikat Swastisaba Wistara untuk tahun 2023 mendatang," kata Christiana Firmaningtyas, kemarin.

Diungkapkan Christiana, Swastisaba Wistara merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Dan ada sepuluh tatanan yang menjadi penilaian. Yakni kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, Pertambangan sehat, Hutan sehat, Industri dan perkantoran sehat, Pariwisata sehat, Pangan dan gizi, Kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, Kehidupan sosial yang sehat, Serta pendidikan.

“Meskipun saat ini Nganjuk telah mencapai Wistara dengan lima tatanan yang telah dimiliki, kami tetap membutuhkan kerjasama dan dukungan dari OPD terkait guna mencapai sepuluh tatanan itu," tutur Christiana Firmaningtyas

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved