Berita Otomotif

Mesin Mobil Diesel Toyota Sudah Standar Emisi EURO4, Berikut 7 Tips Mudah Merawatnya

Mulai April 2022, semua mobil baru Toyota bermesin diesel yang dipasarkan di Indonesia telah memenuhi standar emisi EURO4. Semakin tinggi standar EURO

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Mekanik Auto2000 saat mengecek kondisi mobil milik konsumen. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mulai April 2022, semua mobil baru Toyota bermesin diesel yang dipasarkan di Indonesia telah memenuhi standar emisi EURO4. Semakin tinggi standar EURO maka semakin kecil kandungan gas buangnya.

Mesin diesel Toyota di Indonesia juga dilengkapi teknologi canggih seperti turbo variabel, common-rail, dan intercooler yang membuatnya berlimpah torsi, dan ramah lingkungan. Namun, pengendara tetap harus merawatnya dengan baik supaya dapat bekerja optimal dan performanya prima.

Berikut tips cara mudah merawat mesin mobil diesel Toyota ala Auto2000.

Pertama, kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, perihal menggunakan bahan bakar yang sesuai. 

Ia menjelaskan, bahan bakar yang tidak tepat akan memberikan dampak negatif yang besar pada kendaraan. Kandungan sulfur yang tinggi akan membuat sistem distribusi bahan bakar terganggu, performa mesin turun, dan mengurangi usia pakai mesin. Kadar cetane juga harus sesuai kebutuhan mesin supaya dapat menyalurkan tenaga terbaiknya.

"Jadi memang harus menyesuaikan BBM yang dipakai dengan rekomendasi di buku manual kendaraan Toyota atau konsultasikan dengan service advisor bengkel Auto2000," ujar Nur Imansyah, Senin (6/6/22).

Kedua, cek filter solar.

Kinerja filter bahan bakar diesel atau filter solar yang optimal memastikan kotoran tidak akan lolos masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar. Ada lampu peringatan di panel instrumen mobil yang menyala bila kondisi filter diesel sudah kotor. Jangan ditunda dan segera ganti dengan filter solar yang baru.

Ketiga, bersihkan filter udara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved