Berita Nganjuk

Cegah Gesekan Antar Perguruan Silat, Polres Nganjuk Giatkan Patroli Tempat Kumpul Anak Muda

Cegah gesekan antar perguruan silat, jajaran Polres Nganjuk intensif gelar patroli tempat berkumpulnya anak muda.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Polsek Nganjuk Kota Polres Nganjuk menggelar patroli malam dalam upaya mencegah gangguan kamtibmas dan gesekan antar perguruan silat, Senin (6/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Sering terjadi gesekan antar anak muda dari perguruan silat di sejumlah wilayah di Kabupaten Nganjuk, jajaran Polres Nganjuk intensif gelar patroli tempat berkumpulnya anak muda.

Kapolsek Nganjuk Kota Polres Nganjuk, Kompol Burhanudin menjelaskan, kegiatan patroli tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir gangguan kamtibmas di wilayah Kecamatan Nganjuk, khususnya gesekan antar komunitas atau perguruan silat.

Ini karena masih saja terjadi gesekan antar komunitas maupun perguruan pencak silat di wilayah lain, sehingga tidak menutup kemungkinan menyebar ke wilayah Kecamatan Nganjuk.

"Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, petugas piket gabungan melakukan patroli rutin di tempat berkumpulnya para pemuda untuk meminimalisir terjadinya salah paham yang bisa berujung pada perselisihan," kata Kompol Burhanudin didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Senin (6/6/2022).

Di samping itu, dikatakan Kompol Burhanudin, tujuan dari kegiatan patroli juga untuk mengimbau serta mengatur keberadaan pemuda yang membuat komunitas tertentu, serta memakai kaus dengan logo komunitas atau organisasi pencak silat, yang rawan menjadi faktor pemicu gesekan.

"Alhamdulillah, dengan petugas patroli mengingatkan para pemuda untuk tidak sering berselisih paham dan saling menghormati, terjadinya gesekan antar pemuda dari komunitas ataupun perguruan silat bisa dicegah," tandas Kompol Burhanudin.

Sementara itu, kegiatan patroli mobiling juga digelar jajaran Polsek Warujayeng Polres Nganjuk. Menurut Kapolsek Warujayeng, Kompol Masherly Sutrisno, patroli yang digelar saat sebagian besar warga sedang terlelap dalam istirahat malam itu dilakukan sebagai upaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Sekaligus meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas.

"Makanya, kami jadikan sasaran patroli tempat-tempat tongkrongan anak muda dan mereka yang masih berkeliaran di jalan saat tengah malam. Dengan cara persuasif kami lakukan dialogis serta menyampaikan imbuan kamtibmas," kata Kompol Masherly Sutrisno.

Di samping itu, menurut Kompol Masherly Sutrisno, para pemuda juga diimbau agar tidak melakukan perbuatan yang merugikan, seperti mengkonsumsi miras dan narkoba, balap liar, serta membuat kegaduhan hingga menimbulkan keresahan masyarakat.

Petugas patroli juga intensif menanyakan keperluan para pemuda yang masih nongkrong dan berkeliaran hingga tengah malam, jika memang tidak ada keperluan, mereka diarahkan untuk segera pulang dan istirahat.

"Dan hingga hari ini, dari laporan hasil kegiatan patroli di wilayah Tanjunganom relatif aman dan kondusif. Hal ini tak lepas dari dukungan dan peran serta masyarakat yang peduli terhadap keamanan dan ketertiban,” tutur Kompol Masherly Sutrisno.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved