Berita Nganjuk

PNPM-MPD Beralih Jadi BUMDESMA, Dinas PMD Fasilitasi Pembentukan Asosiasi untuk Permudah Koordinasi

PNPM-MPD beralih menjadi BUMDESMA, Dinas PMD memfasilitasi pembentukan asosiasi untuk mempermudah koordinasi.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Kegiatan sosialisasi peralihan PNPM-MPD menjadi BUMDESMA yang digelar Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Rabu (8/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Nganjuk mensosialisasikan perubahan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPD) menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA). Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 4 tahun 2022 yang ditandatangani Plt Bupati Nganjuk.

Kepala DPMD Kabupaten Nganjuk, Puguh Harnoto melalui Sekretaris DPMD, Teguh Ovi Andriyanto menjelaskan, untuk menunjang perubahan tersebut, dilaksanakan dengan pembentukan asosiasi BUMDESMA, untuk mempermudah koordinasi antar BUMDESMA di masing-masing kecamatan.

"Adanya Perbup tersebut merupakan rel yang menjadi dasar untuk membentuk asosiasi BUMDESMA. Hal itu agar dapat mengkoordinasikan program dan permasalahan yang ada di masing-masing BUMDESMA," kata Teguh Ovi Andriyanto, Rabu (8/6/2022).

Ditambahkan Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Kabupaten Nganjuk, Hermin Waskitorini mengatakan, adanya Perbup tersebut juga merupakan bentuk kehadiran pemerintah daerah dalam mendukung BUMDESMA, agar berkembang dan berkelanjutan.

“Pemerintah hadir untuk melakukan pembinaan dan pengembangan BUMDESMA, dan diharapkan ke depan BUMDESMA dapat berjalan lebih baik," kata Hermin Waskitorini.

Di samping itu, ungkap Hermin Waskitorini, dengan adanya peralihan PNPM-MPD menjadi BUMDESMA, maka pengelola kegiatannya juga beralih. Di antaranya pengalihan aset, kelembagaan, personel dan kegiatan usaha.

"Ketentuan peralihan itu sendiri sudah diatur dalam Perbup nomor 4 tahun 2022 dalam Pasal 6t ayat (2). Jadi semuanya sudah diatur dalam Perbup Nganjuk yang menjadi dasar peralihan," tutur Hermin Waskitorini.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved