Berita Nganjuk

Masih Turun Hujan, RSD Nganjuk Minta Warga Kenali Gejala Serta Pencegahan Demam Berdarah

Musin penghujan masih terjadi di Kabupaten Nganjuk, masyarakat diimbau untuk tetap waspada penyakit demam berdarah.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/Achmad Amru Muiz
RSD Nganjuk ajak warga waspada Demam Berdarah 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Musin penghujan masih terjadi di Kabupaten Nganjuk, masyarakat diimbau untuk tetap waspada penyakit demam berdarah.

Imbauan tersebut disampaikan Rumah Sakit Daerah (RSD) Kabupaten Nganjuk dengan mengedukasi masyarakat untuk mengenali gejala dan pertolongan serta upaya pencegahan demam berdarah.

Spesialis Penyakit Dalam RSD Nganjuk, dr Sunarti menjelaskan, kasus demam berdarah terbesar dipengaruhi oleh iklim. Apalagi di iklim tropis seperti Indonesia sangat disenangi nyamuk demam berdarah untuk berkembang dan menularkan penyakit DB.

"Musim hujan saat ini masih berlangsung di Kabupaten Nganjuk, maka Rumah Sakit Daerah (RSD) Kabupaten Nganjuk berupaya terus mengedukasi masyarakat tentang penyakit demam berdarah terebut," kata Sunarti dalam talkshow di Radio Suara Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk, kemarin.

Dijelaskan Sunarti, demam berdarah merupakan penyakit demam yang bersifat akut, biasanya terjadi dua sampai tujuh hari yang disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Gejalanya DB, menurut Sunarti, diawali demam dua sampai tujuh hari, setelah itu demamnya bersifat naik turun, ada juga manifestasi pendarahan bisa spontan seperti mimisan, gusi berdarah atau pendarahan dari saluran cerna.

Baca juga: Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah atau DBD, Ketahui 3 Fasenya dan Cara Pengobatan Agar Cepat Sembuh

Jika dengan uji bendung atau rempelit timbul seperti bintik merah,  trombosit kurang dari 100.000, kebocoran plasma yang ditandai dengan hematokrit tinggi lebih dari 20 persen dari nilai normal dan penurunan hemotokrit lebih dari 20 persen setelah mendapatkan terapi cairan.

"Bila tanda-tanda itu dijumpai pada seseorang maka bisa dipastikan telah terkena DB dan segera di bawa ke Rumah Sakit terdekat," ucap Sunarti.

Lebih lanjut dikatakan Sunarti, ada empat jenis virus dengue dalam penyakit DB.  Yaitu DEN-1 tidak menyebabkan pengidapnya sakit parah, meskipun mewabah di suatu daerah. Virus ini paling mudah ditularkan karena sifatnya yang kuat ketika berada dalam tubuh nyamuk maupun manusia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved