Berita Otomotif

Ngobrol Otomotif Bareng MPM Honda, Gini Sejarah Honda Vario dari Masa ke Masa

Honda Vario merupakan salah satu pilihan motor skutik terbaik yang menemani keseharian skutik yang paling digemari masyarakat dalam menemani

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Vario dari masa ke masa. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -
Honda Vario merupakan salah satu pilihan motor skutik terbaik yang menemani keseharian skutik yang paling digemari masyarakat dalam menemani aktivitas sehari-hari, beragam fitur canggihnya menjadikan motor skutik ini sebagai pilihan terbaik di kelasnya.

Honda Vario telah menjadi salah satu model skutik favorit di Tanah Air yang telah dipilih oleh lebih dari 10,2 juta konsumen sejak kehadirannya pada 2006 lalu.

Sejak pertama kali diluncurkan dan hingga kini Honda Vario sendiri sudah mengalami perubahan untuk terus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim, Suhari saat di temui Tribun Jatim Network di Kantornya, Jumat (10/6/22).

Baca juga: Januari-April 2022, Penjualan Honda di Jatim, Bali & Nusra Naik 12,8 Persen, Brio Masih Mendominasi

Suhari menjelaskan, sejarah Honda Vario diawali oleh generasi pertama Vario, yakni tahun 2006 - 2009.

1. Honda Vario generasi pertama (2006 - 2009).

Generasi pertamanya hadir pada Agustus 2006 lalu. Pada generasi awal, hanya disediakan satu pilihan mesin. Dibekali jantung pacu berkubikasi bersih 108 cc SOHC, dengan ukuran (Diameter x Langkah) 50 x 55mm. Kompresinya dibuat cukup padat pada rasio 10,7:1. Hasil dari spesifikasi mesin itu, memproduksi tenaga 8,99 PS di 8.000 rpm dan torsi 8,4 Nm pada 6.500 rpm. Sebetulnya biasa saja, yang membuatnya revolusioner adalah penyematan teknologi pendingin cairan yang belum diadaptasi rivalnya.

2. Honda Vario generai kedua  - Honda Vario Techno (2009 - 2013).

Honda Vario generasi kedua ini muncul dengan nama Vario Techno dengan split headlamp, model sporty dan agresif. Vario Techno ini pertama kalinya penggunaan teknologi Combi Brake System ( cukup Tarik tuas resm di sebelah kiri, rem depan dan belakang yang beraksi secara proposiaonal).

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved